05 February 2023
05 February 2023
21.6 C
Malang
ad space

Asam Urat dan Rematik, Ini Obatnya!

MALANG VOICE- Asam Urat dan Rematik penyakit yang berbeda. Asam urat tergolong sebagai rematik, tapi sakit rematik belum tentu asam urat. Tapi tahukah Anda bahwa kedua penyakit ini bisa diobati dengan cara yang sama dengan obat tradisional berikut.

1. Cengkeh

Caranya adalah dengan menumbuk cengkeh yang dicampur dengan jahe, takarannya 1:1.

Ramuan ini hanya digunakan untuk bagian luar saja dengan cara mengoleskan ke bagian yang sakit. Oleskan secara rutin agar hasil maksimal.

2. Jahe

Siapkan jahe sebanyak 2 ibu jari. Lalu potong-potong dan sedikit diremukkan. Rebus jahe tersebut dengan 1 gelas air dan sedikit gula. Tambahkan juga sedikit madu murni.

Jika sudah mendidih, minum ramuan itu selagi hangat. Minum ramuan ini setiap hari agar hasil maksimal.

3. Akar pepaya gantung.

Obat ini dikhususkan untuk penyakit rematil. Caranya yaitu dengan menyediakan 5 potong akar pepaya. Cuci bersih dan potong kecil-kecil.

Tambahkan 3 sendok makan lengkuas yang dihaluskan. Rebus semua bahan menggubakan 4 gelas air, rebus hingga tersisa sekitar 3 gelas. Tambahkan pula gula aren sedikit. Minum ramuan ini sehari 3 kali. Untuk sekali minum sebaiknya sekitar setengah gelas saja.

4. Kulit Manggis.

Kulit manggis diiris tipis dan dijemur hingga kering lalu masukkan kedalam gelas, dan seduh dengan air panas. Tunggu sampai air berubah warna, kemudian minum air tersebut setiap hari.

5. Kumis Kucing dan Meniran.

Obat tradisonal yang terakhir adalah kumis kucing dan meniran. Kedua tumbuhan tersebut memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat. Di antaranya adalah kalium, damar, tanin, filatin, hipofilatin dan flavonoid.

Adapun cara untuk memanfaatkannya cukup dengan menyiapkan 5 lembar daun kumis kucing dan 5 ranting kecil meniran. Setelah itu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Lalu Anda dapat meminum ramuan tersebut 2 kali sehari.-

Berita Terkini

Arikel Terkait