Carut Marut APBD 2017 Kota Batu

Alasan Fraksi Gerindra Ikut Membahas APBD 2017 Kota Batu

Politisi Partai Gerindra, Hari Danah Wahyono.(Miski)
Politisi Partai Gerindra, Hari Danah Wahyono.(Miski)

MALANGVOICE – Fraksi Gerindra ambil bagian dalam pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 Kota Batu yang disahkan, Rabu (14/12), malam.

Selain Fraksi Gerindra, ada pula Fraksi PDIP dan Golkar. Sedangkan empat fraksi lain, yakni PKB, PAN, Demokrat dan Gabungan.

Menanggapu hal tersebut, politisi Gerindra, Hari Danah Wahyono, mengakui, APBD merupakan tanggung jawab eksekutif dan legislatif.

“Kalau kami tidak bahas, kami dosa ke masyarakat. APBD kan demi kepentingan masyarakat, untuk pembangunan Kota Batu,” kata dia.

Baca juga: APBD Didok, Dewan Minta SKPD Maksimal Jalankan Program Kerja

Ia menepis tudingan pembahasan APBD hanya berlangsung selama tiga hari. Hari menyebut pembahasan berlangsung selama 10 hari.

Setiap fraksi dan partai memiliki hak untuk melaksanakan dan tidak. Bagi Gerindra, pembahasan APBD merupakan tugas negara.

“Tiga fraksi sudah quorum, sesuai aturan. Kami ikut membahas karena mendahulukan kepentingan masyarakat. Selain itu kami tidak gajian selama enam bulan jika belum selesai,” ungkapnya.

Kendati nantinya APBD Kota Batu dibatalkan oleh Gunernur Jawa Timur. Pihaknya masih punya waktu untuk membahas lebih lanjut, mana yang boleh dan tidak sesuai arahan dan masukan Pemprov.

“Sekarang prosesnya diajukan ke Pemprov, 14 hari kemudian dikembalikan ke daerah,” papar dia.