3 Terduga Teroris di Kota Batu Dibekuk Densus 88

Tim Densus 88 Mabes Polri melakukan olah TKP di rumah kontrakan terduga teroris di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. (MVoice/M. Noerhadi).

MALANGVOICE– Seorang terduga teroris ditangkap Densus 88 Mabes Polri. Penangkapan dilakukan di rumah kontrakan yang berada di Jalan Hasanudin Gang 26 RR 1 RW 8 Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu pada Rabu malam (31/7).

Tim Gabungan terdiri dari Bidlabfor Polda Jatim dan bekerja sama dengan Inafis melakukan olah TKP di lokasi tersebut sekitar pukul 07.00 WIB (Kamis, 1/8). Lokasi ini berdekatan dengan Pondok Pesantren As Sunnah.

Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Rudi Kuswoyo, membenarkan adanya penangkapan tersebut. Menurutnya, teknis penggerebekan merupakan kewenangan tim Densus 88, sementara Polres Batu hanya membantu mengamankan lokasi.

“Benar, tadi malam ada penangkapan terduga teroris di Dusun Jeding, tapi untuk lebih jelasnya bisa ke pihak Densus 88. Kami hanya membantu mengamankan lokasi,” kata Rudi.

Baca juga:
Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan Anubhawa Sasana

DPP PDIP Beri Titah Sang Diva Mencari Pendamping di Pilkada Batu 2024

Pancasila sebagai Pagar Etis Menghadapi Tantangan di Era Kecerdasan Buatan

Kepala Desa Junrejo, Andi Faisal Hasan, juga membenarkan informasi ini. Dia menyebut rumah tersebut ditempati oleh pendatang, bukan warga asli Junrejo, Kota Batu.

“Benar, tapi saya kurang paham detailnya, hanya tahu bahwa itu pendatang. Identitasnya juga tidak saya ketahui. Jujur, saya kaget mendengar informasi tersebut tadi malam,” ujarnya.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengatakan bahwa Densus 88 Mabes Polri melakukan serangkaian penyelidikan di wilayah Kota Batu sejak beberapa hari lalu.

“Jadi hari ini (Kamis, 1/8/2024) masih dalam rangkaian penyelidikan dugaan kasus teroris. Kemudian Polda Jatim membantu mengamankan proses penyelidikan yang dilakukan Tim Densus 88,” kata Kombes Dirmanto, Kamis (1/8/2024).

Pihaknya juga menurunkan Tim Bidlabfor dan Penjinak Bom Sat Brimob Polda Jatim. Sejauh ini, terdapat 3 orang terduga teroris yang diringkus polisi.

“Tiga orang sementara ini statusnya masih diamankan. Untuk proses lainnya tolong ditunggu ini masih berproses konstruksi peristiwanya hukumnya mohon ditunggu,” katanya.

Para terduga teroris yang diamankan mengontrak salah satu rumah di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang menjadi lokasi pengamanan.

“Ini masih sewa informasi sementara yang kami terima sewa 2 tahun sekarang sudah jalan 1,5 tahun,” katanya.(der)

1 COMMENT

Comments are closed.