Begini Cara Mengemudi Mobil supaya Irit BBM

Ilustrasi (Mvoice/Auto expose).

MALANGVOICE – Sebagai pemilik atau pengguna mobil, tentu selalu mencari cara bisa irit bahan bakar minyak (BBM).

Dilansir dari Garasi.id, ada beberapa cara efektif agar mobil bisa irit BBM. Berikut beberapa tips dan trik.

1. Ikuti Batas Kecepatan

Perlu diketahui dengan mempertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan yang ditentukan, merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk efisiensi BBM. Jangan terlalu sering menginjak pedal akselerasi terlalu dalam lalu mengerem secara tiba-tiba.

2. Atur Putaran Mesin

Pethatikan putaran mesin mobil anda, usahakan mengatur putaran mesin ideal di 2500-3000 Revolutions Per Minute (RPM) dengan cara menginjak pedal gas secara perlahan.

Untuk melihat putaran mesin pada mobil anda, bisa dilihat di bagian speedometer (RPM) yang tertulis angka 1 hingga 15, atau angka 7 atau 8 (tergantung jenis mobilnya, jika mobil sports yang bisa mencapai angka 15). Jika putaran mesin terlalu tinggi akan membuat konsumsi bahan bakar lebih besar

3. Jaga Jarak

Mengatur jarak mobil dengan mobil yang ada di depan ternyata bisa membuat irit BBM. Karena, jika terlalu dekat jelas akan sering melakukan pengereman kemudian menekan gas lagi untuk mengembalikan kendaraan ke kecepatan semula, itu juga akan membuat boros bahan bakar mobil. Jadi, usahakan memberi jarak antara mobil kamu dan mobil depan, selain irit bahan bakar kamu juga bisa terhindar dari kecelakaan.

4. Menambah Kecepatan Secara Bertahap

Para pengendara mobil, disarankan untuk menghindari menginjak pedal gas secara mendalam dengan cepat setelah mengurangi kecepatan, hal itu akan membuat mobil boros BBM, lebih baik mengatur gas secara bertahap agar mobil kamu irit BBM dan mendapatkan akselerasi yang kamu inginkan.

5. Gunakan Gigi yang Tepat

Mengemudikan mobil dengan gigi rendah secara terus-menerus atau dengan gigi tinggi saat melintasi daerah berbukit atau menanjak akan membuat konsumsi BBM berlebih, dan membuat kondisi mesin mobil akan cepat rusak.

Agar mobil irit BBM alangkah baiknya mengatur gigi yang tepat, seperti posisi S atau L pada transmisi mobil matic ketika keadaan menanjak atau gigi 1 dan 2 pada mobil transmisi manual.

6. Parkir Mobil di Tempat Teduh

Biasakan mobil diparkir di tempat yang teduh, jika mobil lebih sejuk, penguapan bahan bakar akan lebih sedikit sehingga bensin di tangki tidak menguap.

7. Bawalah Barang Seperlunya

Bawalah barang seperlunya, hindari membawa banyak barang, karena mobil akan berat dan susah berakselerasi, singkirkan barang yang tidak perlu dari bagasi.

8. Gunakan Tekanan Angin Ban yang Tepat

Perhatikan tekanan ban, jika ban diisi angin dengan tekanan yang benar akan memiliki kemampuan jelajah yang lebih jauh dengan jumlah bahan bakar yang sama. Ikuti tekanan angin ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

9. Bersihkan Saringan Udara

Lakukan pembersihan filter udara setiap kamu melakukan servis mobil. Jika filter sudah tidak bisa digunakan lagi segera ganti dengan komponen yang sesuai. Jika saringan udara kotor, tenaga dan efisiensi mesin akan berkurang dan lebih banyak bahan bakar yang akan diperlukan.

10. Lakukan Servis Berkala

Lakukan perawatan mobil dengan cara tune-up mobil. Ketika mobil kamu di tune-up, kotoran pada busi dan koil akan hilang sehingga memperlancar putaran mesin, dan dapa membuat mobil irit BBM.

Perlu diketahui, pada setiap kendaraan biasanya memiliki reservoir (RES) BBM yang merupakan cadangan BBM yang ada di dalam tangki kendaraan.

Jika jarum indikator bahan bakar sudah menyentuh E alias empty (kosong), didalam tangkai kendaraan masih ada sisa BBM sekitar 5-10 liter.

Artinya, saat kondisi tersebut mobil masih bisa menempuh jarak setidaknya sampai 50 kilometer, untuk mencari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terdekat.(end)