BNPT Libatkan Napiter Bangun KKTN di Kabupaten Malang

Kepala BNPT, Komjen Pol. Boy Rafli Amar. (Mvoice/Toski D).

MALANGVOICE – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bakal libatkan mantan narapidana teroris (napiter) untuk membangun Kawasan Khusus Terpadu Nusantara (KKTN) di Kabupaten Malang.

Kepala BNPT, Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Boy Rafli Amar mengatakan, di Kabupaten Malang akan dibangun KKTN, yang akan menjadi pilot project pertama di Indonesia sebagai upaya penanggulangan terorisme berbasis kesejahteraan.

“Mantan napiter akan dilibatkan dalam rencana KKTN ini. Mereka kita berdayakan untuk melakukan aktivitas di kawasan ini,” ucap Boy Rafli, saat ditemui awak media di Peringgitan Pendopo Agung, Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim, Kota Malang, Selasa (24/8).

Menurut Boy Rafli, KKTN tersebut direncanakan akan dikembangkan berbagai sektor, antara lain sektor pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan lainnya.

Baca juga: Kepala BNPT Minta Pemda Beri Perhatian Khusus ke Mantan Napiter

“Jadi KKTN itu tidak untuk napiter saja, tapi masyarakat umum juga ada, mereka akan dibaurkan dengan masyarakat lainnya. Konsep inilah yang diharapkan menjadi konsep penanggulangan terorisme berbasiskan kesejahteraan,” jelasnya.

Boy Rafli menjelaskan, selain Kabupaten Malang, pembangunan KKTN juga direncanakan di beberapa provinsi lain, seperti di Jawa Barat, Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

“Hari ini kita berharap kesiapan pembangunan KKTN yang berada di Jatim, tepatnya berada di Kabupaten Malang ini segera untuk kerjasamakan baik aspek lahan dan rencana kegiatan dibidang kewirausahaan yang akan dilaksanakan,” terangnya.(der)