Ingin Paru-Paru Sehat? Konsumsi 4 Makanan ini

Istimewa

MALANGVOICE – Paru paru merupakan organ penting dalam tubuh manusia pada sistem pernapasan.

Apalagi, di zaman sekarang ini marak polusi udara yang mempengaruhi kesehatan paru-paru. Sehingga membuat banyak penyakit dapat menyerang paru-paru, mulai dari radang paru, asma bahkan kanker.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan paru-paru menjadi perhatian utama bagi semua orang.

Nah, untuk menjaga kesehatan paru-paru secara alami, Anda dapat melakukannya dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat. Melansir dari beberapa sumber, berikut MVoice merangkumnya.

1. Brokoli

Brokoli mengandung banyak vitamin C, folat, karotenoid, dan fitokimia yang melawan beberapa unsur yang dapat merusak paru.

Sayuran hijau dengan nama latin Brassica oleracea Var italica ini memiliki senyawa aktif yang disebut L-sulforafan. Fungsinya menipu sel untuk mengaktifkan gen anti-inflamasi yang lebih lanjut mencegah penyakit pernapasan.

2. Salmon

Selanjutnya yakni Salmon juga sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Diperkaya dengan asam omega 3 yang tinggi.

Mengkonsumsi salmon secara rutin dipercaya dapat membantu meredakan gejala asma seperti sesak napas, demam, dan sakit kepala.

Kemudian, jenis makanan lain yang tinggi akan asam lemak omega 3 adalah tuna, kacang-kacangan dan biji rami.

3. Aneka Buah Beri

Kelompok buah beri seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry merupakan makanan super yang baik untuk paru-paru.

Memiliki kandungan antioksidan, flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang melimpah. Sehingga mengonsumsi aneka buah berry secara rutin dinilai mampu mengeluarkan zat karsinogen dari paru-paru, mencegah kanker dan juga meringankan infeksi paru-paru.

4. Delima

Menyantap buah berwarna merah ini setiap hari dapat melindungi paru-paru dari tumbuhnya sel-sel kanker, membuang racun, serta memaksimalkan suplai darah ke dalam paru-paru.

Buah dengan nama latin Punica granatum mengandung flavonoid dan antioksidan. Kedua zat ini dapat membantu memaksimalkan kinerja paru-paru. (Der/Ulm)