24 Mahasiswa Internasional Polinema Diberi Bantuan Dana Tabungan BTN

Direktur Polinema berikan bantuan ke mahasiswa internasional. (Istimewa)

MALANGVOICE – Sebanyak 24 mahasiswa internasional di Politeknik Negeri Malang (Polinema) diberi bantuan tabungan sebesar Rp1 juta. Bantuan ini diberikan dengan kolaborasi bersama Bank Tabungan Negara (BTN).

Bertajuk Polinema Supporting International Students ini diberikan secara simbolis di Atria Hotel pada Senin (5/4). Acara tersebut tentu digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Kepala KUI Polinema, Hilda Cahyani, mengatakan Polinema memiliki Kelas Internasional sejak tahun 2018 dan saat ini terdapat kelas internasional pada 8 program studi dengan 39 mahasiswa asing yang berasal dari 9 negara.

“Di saat pandemi ini, para mahasiswa internasional tidak dapat kembali ke negara asal, mereka sangat butuh support. Bantuan Bank BTN ini sangat membantu mereka. Yang akan menerima bantuan ini sebanyak 24 mahasiswa internasional terpilih,” ujar Kepala KUI.

Kepala UPT Humas Polinema, Dr. Mohamad Sinal, SH., MH., mengapresiasi adanya bantuan dari Bank BTN kepada mahasiswa internasional.

“Adanya bantuan ini akan menunjukkan kepada mahasiswa internasional POLINEMA bahwa mereka tidak hanya diperhatikan oleh pihak kampus namun juga oleh institusi yang ada di luar kampus,” kata Sinal.

Hadir pada acara penyerahan bantuan kepada mahasiswa diantaranya Wali Kota Batu, Direktur Polinema, Komandan Poltekad, Kepala Bank BTN Kanwil 3 Surabaya, Kepala Cabang Bank BTN Malang, Kepala Perwakilan BI Malang, dan undangan dari institusi dan kalangan pengusaha.

Direktur POLINEMA, Drs. Awan Setiawan, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas bentuk kepedulian Bank BTN kepada mahasiswa asing yang terdampak pandemi.

“Tantangan bagi mahasiswa asing selain perbedaan bahasa, budaya dan sistem pendidikan, di masa pandemi ini mahasiswa asing tidak bisa kembali ke negara asalnya dan pembelajaran online serta koneksi internet di negara asal bagi mahasiswa asing yang saat ini masih berada di negara asal. Selain bantuan ini, diharapkan Bank BTN juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing POLINEMA untuk melakukan PKL di Bank BTN,” kata Awan Setiawan.

Kepala Bank BTN Kanwil 3 Surabaya, Iriska Dewayani, mengatakan pemberian beasiswa ini bertujuan untuk mempererat kerjasama antara BTN dan Polinema dan berharap kerjasama ini dapat menjadi pintu gerbang yang akan membuka kerjasama Polinema dengan institusi lainnya.

Sementara itu Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko, menyampaikan Kota Batu membuka kesempatan bagi mahasiswa Polinema melakukan PKL di Kota Batu untuk memperkuat program Smart City dan siap melakukan kerja sama dengan Polinema.

Kepala Cabang Bank BTN Malang, Surasta, mengatakan Bank BTN mengawali kerja sama dengan Polinema di tahun 2006. Pada tahun 2021, hampir seluruh produk Bank BTN telah dimanfaatkan oleh Polinema.

“BTN hadir sebagai mitra yang selalu bersinergi dengan Polinema. Produk Bank BTN yang telah dimanfaatkan antara lain payroll, penggajian, dan pembayaran SPP secara online. Sebagai bentuk kepedulian di masa pandemi, Bank BTN memberikan bantuan berupa tabungan senilai Rp1 juta kepada 24 mahasiswa internasional terpilih di Polinema. Hal ini tentunya dapat memberikan stimulus bagi masyarakat luar negeri yang akan berkuliah di Malang,” jelasnya.

article bottom ad