200 Anak Yatim Korban Covid-19 di Kota Malang Dapat Bantuan Rp3 Juta

Anak yatim dan piatu yang telah mendapat bantuan dari Baznas Kota Malang, (Ist).

MALANGVOICE – Sebanyak 200 anak yatim dan piatu korban Covid-19 di Kota Malang mendapatkan bantuan uang dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang, Rabu (15/12).

Bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang, Baznas Kota Malang memberikan uang dalam bentuk tabungan masing-masing berisi sebesar Rp3 juta untuk anak yatim dan piatu.

Kepala Baznas Kota Malang, Sulaiman menyampaikan bantuan tersebut didapat dari hasil pengumpulan dana dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

“Uang itu dalam bentuk tabungan pendidikan. Kami juga sudah di jadwalkan untuk 6 bulan. Jadi setiap bulan hanya bisa diambil Rp500 ribu,” ujarnya saat diwawancarai awak media, Rabu (15/12).

Ia pun menyampaikan, penyaluran bantuan kepada anak yatim dan piatu korban Covid-19 itu dilakukan secara bertahap selama dua hari. Hal itu dilakukan karena masih berada di situasi pandemi Covid-19.

“Jadi hari ini sama besok pelaksanaan penyaluran bantuannya. Sebagian mungkin 25 sudah kita distribusikan bersama ibu-ibu PKK Kota Malang. Lalu untuk sisanya juga akan segera disalurkan,” Kata dia.

Dalam pendataan anak-anak yang masih berada di jenjang SD/MI dan SMP/MTS tersebut, Baznas Kota Malang menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang.

Sementara itu, bantuan lanjutan untuk anak yatim dan piatu di Kota Malang nantinya, masih belum bisa dipastikan pihak Baznas Kota Malang.

“Sementara Rp3 juta ini bisa untuk 6 bulan, mungkin selanjutnya jika ada bantuan lagi atau mungkin setelah 6 bulan ini akan kita lanjutkan lagi itu tergantung kebijakan nanti dan kemampuan pendanaan yang ada,” tandasnya.(der)