Gorong-gorong Tersumbat, 35 Rumah di Blimbing Tergenang Air

0
10
Warga menguras air yang menggenangi rumahnya. (Ist)
Warga menguras air yang menggenangi rumahnya. (Ist)

MALANGVOICE – Hujan deras yang mengguyur Kota Malang pada Minggu (20/11) malam ternyata membuat sejumlah kawasan terendam air. Di Jalan LA Sucipto Gang Makam, Kalisari, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, genangan air bahkan masuk ke 35 rumah warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, J Hartono, sudah mendapat laporan terkait kejadian itu. Ia menyebut, penyebab air memasuki rumah warga adalah tersumbatnya gorong-gorong di kawasan itu.

Rata-rata tinggi muka air yang merendam rumah warga sekitar 80 cm. Ini membuat warga sempat tidak dapat keluar rumah dengan sistem jalan satu pintu. Selain itu, dampak lain yakni sejumlah perabot rumah tangga rusak akibat kemasukan air.

BPBD sendiri sudah mengirimkan satgas ke titik kejadian sejak semalam. Pantauan terus dilakukan hingga Senin (21/11) pagi ini. Hartono menyebut, beberapa kebutuhan mendesak antara lain, makanan cepat saji dan obat-obatan bagi warga alergi kotor.

“Kami mengimbau warga agar tetap waspada pada banjir. Saat ini kami berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk penanganannya. Khusus untuk gorong-gorong, saya sudah menghubungi DPU – PPB (Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Pengawasan Bangunan),” kata Hartono.