Warga Kelurahan Kesatrian Minta Adanya Ipal Komunal

Ketua DPD Partai Golkar Kota Malang, Sofyan Edy Jarwoko bersama Bambang Sumarto. (istimewa)
Ketua DPD Partai Golkar Kota Malang, Sofyan Edy Jarwoko bersama Bambang Sumarto. (istimewa)

MALANGVOICE – DPD Partai Golkar Kota Malang terus melakukan konsolidasi tingkat kelurahan. Minggu (12/11) sore tadi menyasar Kelurahan Kesatrian, Blimbing.

Segenap pengurus partai berlambang beringin turun langsung menemui warga. Seperti Ketua DPD Golkar Kota Malang, Sofyan Edy Jarwoko dan anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Malang, Bambang Sumarto.

Dalam kegiatan tersebut, Sofyan Edy Jarwoko menyampaikan sejarah berkembangnya Partai Golkar hingga sekarang. “Kami menyampaikan bagaimana Golkar zaman dahulu hingga sekarang. Sebagai pengetahuan dan memantapkan kader sendiri,” katanya.

BNN Kota Malang

Tak hanya itu, pada setiap konsolidasi, Golkar juga menyerap aspirasi warga. Kali ini, warga Kelurahan Kesatrian menyampaikan terkait masalah pengadaan septic tank WC atau Ipal (instalasi pengolahan air limbah) komunal.

Saat ini, sebagian masyarakat kerap menggunakan air dari PT KAI yang digunakan mencuci gerbong kereta api sejak zaman Belanda. Air itu bagi masyarakat digunakan untuk mencuci dan kebutuhan lain seperti pembuangan limbah manusia atau buang hajat.

“Tapi air itu kadang ngalir kadang enggak. Kalau tidak ngalir kan banyak sekali kotoran sehingga tidak sehat. Sehingga warga menginginkan adanya WC komunal tersebut,” kata Bung Edy, sapaan akrabnya.

Akan tetapi, pembuatan WC komunal tidak serta merta bisa dilakukan begitu saja. Edy menyatakan, harus ada studi dan survey dari pihak tertentu agar bisa terlaksana, termasuk Pemkot Malang. Karenanya, dari konsolidasi ini, Bung Edy akan menyampaikan langsung ke anggota dewan, dalam hal ini Bambang Sumarto yang menjadi Ketua Komisi C, agar bisa dibicarakan dengan eksekutif.

“Jadi bisa segera dibicarakan dan ditinjau langsung di lapangan. Yang penting ada solusinya,” tandasnya.(Der/Aka)