USAID Tingkatkan Budaya Baca pada Murid Sekolah

Kelompok IPS sedang mendiskusikan karyanya pada modul III untuk jenjang SMP. (deny/malangvoice)
Article top ad

MALANGVOICE – Kurangnya motivasi membaca pada anak didik terutama di tingkat dasar membuat USAID (United States Agency for International Development) berupaya membiasakan membaca buku bagi anak – anak di sekolah, Rabu (26/8). Hal ini dilakukan dalam pelatihan yang berlangsung di Malang.

Koordinator USAID Prioritas Jawa Timur, Silvana Erlina mengatakan hasil dari pelatihan para guru dan pelatih bisa menyampaikan kepada komite dan sekolah sehingga budaya membaca kepada anak terus berlanjut.

“Tujuan utama pelatihan manajemen kali ini difokuskan pada kepala sekolah dan guru sehingga dapat disampaikan ke komite sekolah serta wali murid dan dapat meningkatkan manajemen sekolah mereka,” jelasnya, Rabu (26/8).

Dijelaskan Silvana, kepala sekolah sebagai mengelola sumber daya yang ada sehingga kegiatan-kegiatan membaca bisa terlaksana di sekolah. Guru melalui kegiatan pembelajaran dapat mengelola siswa untuk membiasakan diri membaca setiap hari meski hanya 10 menit.

“Sedangkan orangtua di rumah menemani dan mendukung gerakan membaca di rumah dan masyarakat di lingkungan sekitar dapat mendukung dengan perpustakaan lokal atau mengadakan kegiatan gemar membaca,” lanjutnya.

Sementara itu, Whole School Development USAID Prioritas Jawa Timur, Dyah Haryati Puspitasari berharap budaya membaca ini bisa jadi program tetap dan abadi yang dimiliki sekolah. “Pengelolaan budaya baca menjadi tantangan untuk sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung gerakan membaca,” ujarnya.

Dalam pelatihan ini, dibahas pula kiat melakukan supervise informal dan supervisi klinis di kelas, termasuk di dalamnya tentang mekanisme penilaian kinerja guru (PKG).-