USAID Dorong Komite Sekolah Efektifkan Belajar Mengajar

Wasis Jatmiko Aji (fathul/malangvoice)

MALANGVOICE – USAID tengah mendorong komite dan paguyuban di sekolah supaya membantu para guru mengembangkan pengajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) kepada siswa.

District Coordinator Kota Batu USAID, Wasis Jatmiko Aji, mengatakan tugas guru semakin kompleks dengan adanya kurikulum terbaru. Guru dituntut mengajarkan siswa dengan cara pakem. ”Misalnya harus membuat bahan ajar dan sekaligus media pembelajaran sehingga siswa tidak monoton,” ujar Wasis kepada MVoice, hari ini.

Selain itu, guru diharuskan menjadi fasilitator yang mumpuni dan bukan hanya tukang ceramah. Timbal balik pengajaran sangat perlu dan bisa dicapai dengan menggunakan media pembelajaran. Guru harus dibantu oleh komite dan paguyuban sekolah guna memaksimalkan tugas-tugasnya.

BNN Kota Malang

Karena itu, dibentuknya komite dan paguyuban sekolah untuk membantu aktivitas belajar mengajar. “Kami akan membuat beberapa workshop kepada komite sekolah bagaimana cara membantu efektivitas pengajaran di sekolah. Sasarannya ada di 24 SD/MI binaan kami di Kota Batu,” tandasnya.-