UMM Produksi Hand Sanitizer Mandiri Secara Massal untuk Mahasiswa

Proses pembuatan hand sanitizer di UMM. (Istimewa)
Proses pembuatan hand sanitizer di UMM. (Istimewa)

MALANGVOICE – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat cairan pembersih tangan atau hand sanitizer secara massal. Pembuatan ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Penanggung jawab produksi, Raditya Weka Nugraheni, mengatakan, pembuatan hand sanitizer ini sengaja dilakukan karena sudah mulai langka di pasaran.

“Awal mulanya ini kegiatan pengabdian dari Prodi Farmasi dan Apoteker untuk warga FIKES. Kemudian, ternyata dari pimpinan ada masukan untuk memperluas cakupan ke seluruh area kampus sebagai tindak lanjut edaran rektor UMM,” katanya seperti rilis yang diterima MVoice, Senin (16/3).

BNN Kota Malang

Hasil pembuatan ini ditaksir memakan waktu satu pekan ini. Kemudian, seluruh hand sanitizer akan ditempatkan di beberapa titik kampus UMM.

Hand sanitizer ini sesuai dengan hasil telusur di jurnal internasional, bahwa komposisi yang efektif untuk virus corona adalah alkohol 70% dan ditambahkan dengan moisturizer agar kulit tidak kering.

Untuk teknis produksinya, UMM melibatkan mahasiswa yang tengah menempuh tugas akhir dan asisten Laboratorium Teknologi Farmasi.

“Melalui pelibatan mahasiswa, diharapkan mereka bisa belajar secara langsung mengenai proses pembuatan produk hand sanitizer,” ungkap Raditya.(Der/Aka)