Tumbuhkan Potensi Kewirausahaan Pemuda, SMK PGRI 3 dan Dispora Gelar Pelatihan

Pelatihan fotografi dan deain grafis. (Anja Arowana)

MALANGVOICE – SMK PGRI 3 Kota Malang getol meningkatkan sikap kewirausahan dan kecakapan pemuda. Kali ini, sekolah menggandeng Dinas Kepemudaaan dan Olahraga (Dispora) Kota Malang menggelar Pelatihan Fotografi dan Desain Grafis selama lima hari (6-10/11).

Sekretaris Dispora Malang, Ir M. Haris menjelaskan, pelatihan ini berbeda, selain pendidikan non formal, juga untuk pemberdayaan pemuda dalam kemandirian usaha sebagai solusi meminimalisir pengangguran.

“Pemuda di kota Malang sekitar 38 persen, belum ditambah 300-500 ribu mahasiswa, perputaraan ekonomi mahasiswa mencapai 2 Triliun per bulan. Jadi potensi untuk berkarya pemuda dan target pasar mahasiswa sangat besar. Usaha apapun tidak akan mati, salah satunya ekonomi kreatif di bidang fotografi dan desain grafis,” paparnya.

BNN Kota Malang

Kegiatan ini diikuti 60 peserta utusan Kelurahan se-Kota Malang yang sebagian besar anggota Karang Taruna. Usai pelatihan, diharapkan kemahiran yang didapat bisa ditularkan kepada rekan sekitarnya untuk menciptakan peluang kerja bersama.

“Ini agenda ke-4 dari 6 rencana kegiatan pelatihan yang diperuntukkan bagi pemuda usia 16-30 tahun dari dana APBD di tahun 2017,” tambahnya.

Dalam pelatihan peserta menerima bobot materi 30 persen dan praktik 70 persen, dengan pengarahan mulai dari nol (basic) hingga mahir (expert). Fasilitas pelatihan akan disediakan SMK PGRI 3 Malang, seperti kamera dan komputer. Di bidang fotografi, pelatih memberi materi soal komposisi, warna, anatomi kamera dan exposure. Di bidang desain grafis, pelatih memberikan materi soal printing, desain vektor dan perawatan. Tiga hari terakhir, peserta akan diajak praktik langsung.(Der/Yei)