TNI Dukung Kesejahteraan Petani Lewat Kartu Tani dan KUR

Kolonel Inf Bangun Nawoko saat mengikuti petani untuk menanam pohon. (Lisdya/MVoice)
Kolonel Inf Bangun Nawoko saat mengikuti petani untuk menanam pohon. (Lisdya/MVoice)

MALANGVOICE – Korem 083/Bdj mengapresiasi langkah pembagian Kartu Tani yang diberikan BNI sebagai mitra serta Kementerian Pertanian (Kementan).

Komandan Korem 083/Bdj, Kolonel Inf Bangun Nawoko, mengatakan TNI selalu berkomitmen untuk membantu kesejahteraan petani serta mencapai swasembada pangan.

“Tapi kita tahu sendiri bahwa di Jawa Timur masih banyak petani miskin, indikatornya masih banyak mendapatkan program RLTH dan sebagainya,” ujar Bangun saat menghadiri MoU antara BNI, TNI dan Kementan, di Kantor BPTB Karangploso, Kamis (1/2). Acara itu juga dihadiri kelompok tani dan penyuluhan KUR.

Lebih lanjut, Bangun mengatakan, masih banyak indikator yang perlu diawasi bersama TNI. Seperti bentuk bantuan dari BNI ini juga bisa membantu para petani memerangi pinjaman perorangan yang memberatkan seperti rentenir.

“Saya memberikan sosialisasi kepada masyarakat petani sehingga mereka bisa mengambil pinjaman itu kepada lembaga keuangan yang tepat,” imbuhnya.

Dalam hal ini, Bangun berharap Indonesia sebagai negara yang aman damai sejahtera kedepannya bisa lebih memperhatikan petani dan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan.

“Karena kita memang ada di negara tropis yang sepanjang tahun bisa menghasilkan panen yang melimpah. Sehingga TNI sangat mendukung program Kementan,” pungkasnya.(Der/Aka)