Tips Terhindar Masalah Kulit Saat Perjalanan Mudik

ilustrasi. (YouTube)

MALANGVOICE – Idul Fitri selain merayakan hari kemenangan bagi umat Muslim, tentunya menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga.

Nah, di momen seperti ini tentunya Anda ingin terlihat cantik bukan? Namun, apakah Anda pernah merasakan breakout atau munculnya jerawat tiba-tiba? Bisa jadi itu kesalahan Anda saat perjalanan mudik.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut MVoice telah merangkum perawatan yang dilakukan saat mudik yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

BNN Kota Malang

1. Jangan Menggunakan Makeup Tebal

Jangan menggunakan makeup yang tebal, ini justru bisa menjadi penyebab terjadinya masalah kulit.

Untuk Anda yang mudik dengan jalur darat, pasti sudah tahu jika toilet umum lebih sering berada dalam kondisi kotor ketimbang bersih. Belum lagi sulit untuk melakukan double cleansing yang maksimal jika antrean di toilet sudah mengular.

Daripada sisa makeup tak bersih sempurna dan menjadi penyebab jerawat, lebih baik gunakan makeup simpel saj.

2. Jangan Lupakan Skincare Esensial

Saat mudik, pastikan Anda sudah membawa seluruh produk esensial tanpa ada yang tertinggal. Untuk tas ransel atau tas tangan Anda, pastikan produk berikut ada di dalamnya: kertas minyak, lip balm, pelembap multifungsi yang dapat digunakan untuk seluruh kulit, tisu basah, tisu kering, makeup wipes, moisturizer, dan sunscreen.

Selain itu, Anda juga bisa membawa beberapa produk perawatan kulit yang pas untuk traveling lainnya seperti face mist, parfum, dan toner pad.

3. Pelembab

Baik dalam bentuk moisturizer krim, gel, lotion, sheet mask, maupun face mist, menjaga kelembapan kulit selama perjalanan pantang untuk dilewatkan. Apalagi, angin AC dari mobil, pesawat, atau kereta dapat membuat kulit Anda semakin kering.

Bagi kulit kering, pelembab akan mencegah kulit kita dari bahaya dehidrasi. Sementara bagi kulit berminyak, pelembab dapat membantu mengontrol produksi minyak dari dalam wajah.

4. Sunscreen

Sebelum berangkat mudik, pastikan sunscreen sudah masuk di list bawaan Anda. Sunscreen atau tabir surya ini memang ampuh untuk melawan sinar matahari yang bisa membuat kulit menghitam serta mencegah kanker kulit.

Anda dapat memilih sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau lebih. SPF atau Sun Protector Factor ini akan melindungi kulitmu seutuhnya dari bahaya sinar UVA dan UVB. Anda bisa mengoleskan sunscreen ke kulit Anda setiap 3-4 jam sekali, jika memang Anda berada di luar ruangan hingga berjam-jam lamanya.

5. Gunakan Spray

Wajah yang lelah ditambah kulit yang kering mungkin akan mengancam saat perjalanan ke kampung halaman. Untuk itu, semprotan spray wajah akan membantu kulit agar tetap segar meski perjalanan mudik masih lama.

Pilihan face spray terbaik, Anda bisa dapatkan pada Avoskin Hydrating Treatment Essence yang akan membantu menyegarkan kulit wajah selama di perjalanan.

6. Pola Makan

Sudah sering disebutkan bahwa hasil studi menunjukkan adanya kaitan erat antara pola makan dan kondisi kulit. Nah, kalau sedang liburan, mungkin Anda akan melupakan fakta tersebut dan asyik menikmati berbagai makanan.

Atur pola makan Anda agar lebih seimbang, misalnya menu gorengan, berminyak, atau junk food di siang hari dan menu sayur di pagi dan malam hari.(Hmz/Aka)