Tekan Risiko Hipertensi dan Penyakit Jantung, Coba Diet DASH Sehat Ini yuk

diet DASH. (Slideshare)
diet DASH. (Slideshare)
Article top ad

MALANGVOICE – Untuk menekan penurunan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan penyakit jantung sebetulnya bisa dikendalikan dengan makan makanan sehat.

Nah, untuk membantu memaksimalkan pencegahan risiko penyakit jantung dan hipertensi yang bisa hadir sewaktu-waktu. Anda bisa mencoba diet Dash. Apa itu?

Melansir dari dietdash.org, Senin (27/8) Diet DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension ini merupakan pola makan sehat yang dipercaya bisa membantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol tinggi.

Selain untuk menurunkan tekanan darah, diet ini juga untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker. Diet ini bisa membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat tanpa adanya pantangan makanan tertentu.

Ketika Anda mengikuti diet DASH, Anda akan lebih banyak makan buah-buahan dan sayuran, dikombinasikan dengan makanan rendah lemak susu, daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Diet DASH berfokus pada lemak dan kolesterol yang rendah lemak jenuh, memiliki sejumlah protein dan kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Berikut resep diet DASH untuk sehari-hari:

1. Cokelat smoothie dengan pisang dan alpukat untuk sarapan

Bahan-bahan yang dibutuhkan yakni 2 cangkir susu kedelai rasa vanili (atau plain), ½ potong daging buah alpukat, 1 pisang ukuran sedang, (kupas), ¼ cangkir bubuk cokelat tanpa pemanis, 2 sendok teh gula (bisa diganti stevia).

Cara membuatnya yakni campurkan semua bahan-bahan di atas ke dalam blender. Blender hingga halus dan sajikan sesegera mungkin sebagai sarapan sehat dan cepat.

2. Salad ayam untuk makan siang

Bahan-bahan yang diperlukan yakni 1 sdt lada dan garam, 3 sdt kecap ikan, 4 ons dada ayam tanpa kulit dan tulang, 1 mangkuk campur selada, tomat, kacang polong, kol, irisan buah apel, timun, dan wortel.

Cara membuatnya yakni Pertama, baluri dada ayam dengan lada dan garam. Panggang selama 15-20 menit dengan suhu 80 derajat Celcius. Buat adonan salad dengan sayuran yang telah dibersihkan dan diaduk menjadi satu. Jangan lupa juga campurkan kecap ikan untuk menambah cita rasa. Kemudian, letakkan topping dada ayam panggang di atasnya. Salad mudah nan sehat pun siap dinikmati.

3. Brokoli panggang untuk makan malam

Bahan-bahan yang dibutuhkan yakni 500 gram brokoli batang besar, potong menjadi 5 cm, 4 sdm minyak zaitun, (dibagi), 1/2 sdt campuran garam, merica, dan bubuk cabai, 1/4 sdt lada hitam yang baru digiling, 4 siung bawang putih, (kupas dan cincang).

Cara membuatnya yakni Pertama-tama, panaskan oven sampai 230 derajat Celsius. Siapkan mangkuk besar, lalu sediakan brokoli yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Aduk brokoli dengan 3 sendok minyak zaitun, taburi juga dengan bumbu garam, lada, merica, dan cabai. Panggang brokoli selama 15 menit. Kemudian, angkat dan taburi brokoli dengan bawang putih cincang. Panggang lagi adonan brokoli selama 10 menit. Brokoli siap disajikan untuk makan malam.

Nah itu tadi beberapa resep untuk diet DASH, selamat mencoba! (Hmz/Ulm)