Kota Malang Memilih Pemimpin

Sutiaji Janji Permudah Pelayanan Publik dengan Program Khusus

Calon Wali Kota Malang, Sutiaji. (istimewa)
Calon Wali Kota Malang, Sutiaji. (istimewa)

MALANGVOICE – Lambatnya birokrasi dan pelayanan jadi fokus utama perhatian paslon Sutiaji-Sofyan Edi dalam kampanyenya hari ini, Kamis (5/4) di Kidul Dalem, Klojen.

Masyarakat banyak mengeluhkan pengurusan pembuatan e-KTP yang lama. Sehingga warga malas untuk melakukan perekaman KTP tersebut.

Menindaklanjuti hal itu, Sutiaji, menyampaikan programnya jika terpilih. Yakni pelayanan publik secara elektronik.

“Kami sudah menyiapkan program pelayanan publik secara elektronik. Bahwa semua ngurus KTP, akta lahir wajib zero cost. Rekam KTP juga harus cepat maksimal 3 hari sudah harus cetak,” kata paslon nomor urut 3.

Dengan program tersebut, masyarakat diharap bisa terlayani dengan baik. Itu juga sesuai slogan Kota Malang, yakni ‘Bertumbuh Melayani’.

Akan tetapi, sistem itu juga harus ditopang data dan informasi administrasi kependudukan yang terintegerasi. Sehingga sistem identitas tunggal bisa terwujud.

Bagi rakyat, lanjut Sutiaji, kepemilikan KTP dan KK sangat dibutuhkan sebagai syarat untuk mengakses pelayanan publik. Contohnya memasang listrik, membuka rekening di bank hingga pelayanan dokumen lainnya.(Der/Ak)