Suka Konsumsi Semangka Sebelum Tidur? Efeknya Bisa Bikin Gendut

Ilustrasi semangka (ist)
Ilustrasi semangka (ist)

MALANGVOICE – Mengonsumsi semangka memang memiliki manfaat baik buat kesehatan tubuh. Tapi ada saat tertentu yang sebaiknya tidak disarankan untuk mengonsumsinya. Yaitu saat kita hendak tidur.

Semangka warna merah dinilai tinggi kandungan lycopene. Dalam 100 gram, semangka punya kandungan energi sebesar 30 Kkal. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai buah untuk menunjang penurunan berat badan.

Beberapa ahli menyebutkan bila semangka terdiri dari 94 persen air, lycopene, kalium dan beberapa nutrisi lain. Selain itu juga mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

BNN Kota Malang

Namun, tidak dianjurkan mengonsumsi semangka di malam hari sebelum tidur. Lantaran semangka mengandung sedikit asam yang jika dikonsumsi pada malam hari, dapat menunda proses pencernaan ketika tubuh sedang tidak aktif.

Nah, berikut MVoice merangkum beberapa bahaya makan semangka sebelum tidur.

1. Sering Buang Air Kecil

Meski tidak ada komplikasi serius yang diakibatkan dari makan semangka sebelum tidur. Tapi ada dampak ketidaknyamanan yang mungkin akan Anda alami.

Karena sekitar 90 persen komposisi semangka adalah air. Artinya efek yang ditimbulkan akan merasa perlu buang air kecil lebih sering.

Dengan demikian, Anda tentu keluar masuk toilet berkali-kali sampai semua jumlah kelebihan cairan dihilangkan. Tentunya hal ini sangat tidak menyenangkan, karena akan mengganggu kualitas tidur.

2. Mengalami Sakit Perut

Kandungan vitamin C yang terlalu banyak dari buah semangka, terutama pada malam hari dapat menyebabkan gejala seperti diare dan ketidaknyamanan gastrointestinal.

Selain itu, lycopene dari komposisi buah ini dapat membuat Anda duduk semalaman di toilet. Jadi jangan sampai berlebihan ya guys!

3. Menambah Berat Badan

Buah semangka memiliki kandungan banyak gula alami yang dapat meningkatkan berat badan dalam beberapa kasus jika makan semangka di malam hari.

Jadi, menghindari makan semangka menjelang tidur sangat disarankan bagi Anda yang tidak ingin gemuk atau sedang menjalani diet.

Kemudian, dianjurkan agar semangka dikonsumsi siang hari sekitar pukul 12.00 – 13.00 WIB. Karena pencernaan sedang aktif.(Der/Aka)