Sri Mulyani: Subsidi Elpiji 3 Kg Tidak Tepat Sasaran

Sri Mulyani di Malang. (Anja a)
Sri Mulyani di Malang. (Anja a)
Article top ad

MALANGVOICE – Salah satu kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah subsidi elpiji 3 kg. Sasaran subsidi ini adalah masyarakat Indonesia yang berada di garis kemiskinan. Namun, faktanya, 9,8 juta rumah tangga kaya juga menikmati subsidi ini.

“Berdasarkan analisis dari 25 juta rumah tangga kelompok 40 persen termiskin, hanya 13 juta (rumah tangga termiskin) di antaranya yang menikmati subsidi elpiji,” kata Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, dalam orasi ilmiah Rapat Terbuka Dies Natalis Ke-55 Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jumat (5/1)

Bersamaan dengan itu, sambung Sri, masih banyak rumah tangga kaya yang ikut menikmati subsidi elpiji 3 kg. Jumlahnya, hampir 9,8 juta rumah tangga.

Karena itu, menurut Sri, penyaluran elpiji subsidi perlu diperbaiki. Terutama dari sisi ketetapan sasaran. “Subsidi elpiji 3 kg perlu diperbaiki dari sisi ketepatan sasaran,” tandasnya.

Saat ini, pihaknya sedang mengujicobakan perbaikan sasaran dengan sistem tertutup. “Perbaikan sasaran dengan sistem tertutup secara bertahap sedang diujicobakan,” pungkasnya.(Der/Aka)