Simak 4 Tips Memilih Laptop yang Bagus di Tahun 2022

Laptop ilustrasi. (istimewa)

MALANGVOICE – Dalam memilih laptop terbaik, tentunya Anda mencari laptop yang cukup ideal dan bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Ada berbagai macam faktor yang bisa menjadi pertimbangan, kala ingin membeli sebuah laptop baru, agar tidak salah memilih.

Salah satu pertimbangan dalam memilih laptop yang bagus adalah, Anda melakukan riset untuk mengetahui tipe laptop yang sudah terbagi menjadi berbagai macam. Umumnya, Anda akan dipertemukan dengan banyak sekali pilihan, dan pilihan-pilihan tersebut seperti Notebook, Laptop Gaming, Ultrabook, dan Convertible.

Notebook sendiri merupakan salah satu istilah pilihan laptop dengan hardware yang beragam, dan biasanya ukurannya tidak terlalu tebal, serta banyak varian ukuran layar. Laptop Gaming sendiri merupakan laptop, yang dikhususkan untuk kegiatan-kegiatan yang menuntut sisi penggunaan gaming dan juga aplikasi, dan biasanya spesifikasi yang ditawarkan cukup tinggi, diikuti dengan kinerja baterai yang irit.

Selanjutnya ada Ultrabook, yang biasa digunakan untuk kebutuhan ideal dengan mobilitasnya yang tinggi. Spesifikasi yang ditawarkan juga harus terbilang cukup, tidak rendah dan juga tidak terlalu tinggi. Terakhir ada Convertible, yakni sebuah laptop dengan fungsi layar yang bisa disesuaikan oleh penggunanya.

Untuk Anda yang ingin membeli laptop baru, Anda bisa berbelanja melalui Shopee. Pasalnya, Shopee sedang mengadakan Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen, yang akan dihelat dan berlangsung dari tanggal 4 Maret, hingga 15 Maret 2022.

Akan ada banyak keuntungan, ketika Anda berbelanja pada saat Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen. Anda berkesempatan untuk menikmati Voucher Gratis Ongkir Rp0, Anda juga akan mendapatkan voucher diskon 50% beserta Koleksi Spesial Diskon 50%, dan yang terakhir adalah Koleksi Fashion dengan harga spesial s/d 50rb.
Lalu pertimbangan apa lagi sih yang harus diketahui dalam memilih laptop terbaik? Berikut adalah penjelasannya.

Berdasarkan Grafis yang Digunakan
Umumnya, sebuah CPU akan terbilang cukup bagus, karena generasinya. Dan biasanya, dengan generasi CPU terbaru, spesifikasinya juga semakin meninggi dan juga semakin bagus tentunya.

CPU merupakan salah satu faktor yang menjadi alasan utama Anda dalam memilih laptop terbaik, karena pada dasarnya, prosesor ini memiliki pengaruh yang cukup besar untuk kinerja dari setiap laptop yang ada.

Ada dua raksasa CPU yang sedang bersaing hingga saat ini, yakni Intel, dan juga AMD. Masing-masing prosesor ini, memiliki kelebihannya masing-masing, dua raksasa prosesor ini menawarkan kinerja terbaiknya, dalam hal multi-tasking dan juga multimedia tentunya.

Berdasarkan Kapasitas RAM
Di tahun 2022, orang-orang pasti akan memilih sebuah laptop, dengan kapasitas RAM sebesar 8GB, dan RAM ini digunakan untuk gaming dan grafis tentunya. RAM merupakan salah satu memori, yang digunakan untuk laptop guna menyimpan hal yang sedang dikerjakan oleh laptop tersebut.

Jika RAM yang dimuat kecil, maka hal yang bisa dilakukan di laptop juga kecil. Sehingga dalam memilih RAM, Anda harus memilih RAM yang cukup besar, agar semua yang Anda jalankan di laptop Anda tetap stabil.

Berdasarkan Tipe Penyimpanan SSD & HDD
Dalam memilih laptop, tentunya Anda wajib memilih ruang penyimpanan dengan kecepatan kinerja penyimpanan yang cepat. Dan umumnya, SSD jauh lebih unggul ketimbang HDD, dalam permasalah menyimpan dan membaca sebuah data.

Namun sayangnya, semakin besar ruang SSD, makan semakin mahal pula laptop yang Anda pilih. Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, Anda bisa memilih HDD sebagai salah satu opsi dalam pemilihan laptop Anda.

Berdasarkan Spesifikasi Layar
Salah satu tips memilih laptop yang bagus adalah, memilih laptop berdasarkan spesifikasi layarnya. Pada beberapa laptop, sudah menawarkan resolusi 4K, atau yang paling minimum dengan resolusi 1920×1080 piksel atau Full HD.

Karena dengan layar yang mumpuni, akurasi warna yang Anda terima saat menggunakan laptop jauh lebih luas. Umumnya akurasi warna Delta E<1 dengan akurasi warna yang mencakup 100% sudah lebih asik digunakan di beberapa laptop. Nah bagaimana? Apakah Anda sudah memilih laptop yang sudah Anda inginkan? Jika Anda sudah memilih beberapa laptop yang ingin Anda beli, Anda juga bisa menggunakan Shopee Express, yang merupakan salah satu sistem jasa pengiriman dari Shopee, untuk mengantarkan semua barang Anda dengan cepat dan terpercaya tentunya. Shopee Express juga menawarkan banyak promo menarik, seperti Gratis Ongkir Setiap Hari, Waktu Pengiriman Cepat, dan Pengiriman dijamin aman oleh pihak Shopee.(der)