Malang Pilot Project Kota Layak Pemuda?

Sambut Kota Layak Pemuda, KNPI Usul Perda Kepemudaan

Ketua KNPI Kota Malang, Hutama Budi Hindrarta, bersama Sekretaris, M Roys Annas Yusuf.
Ketua KNPI Kota Malang, Hutama Budi Hindrarta, bersama Sekretaris, M Roys Annas Yusuf.

MALANGVOICE – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang, Hutama Budi Hindrarta, memandang perlu adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang kepemudaan. Ini merupakan respon menyambut baik wacana didapuknya Kota Malang sebagai Kota Layak Pemuda.

“Semua elemen harus menyambut baik Kota Layak Pemuda. Secara tidak langsung, ini memacu stakeholder lebih memperhatikan pemuda. Kalau bisa, usulan saya, Pemkot bikin gebrakan menyusun Perda yang memperkuat kepemudaan,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Sam Abud itu menambahkan, Perda ini nantinya bisa bermuatan kriteria-kriteria penunjang Kota Layak Pemuda. Dikatakannya, hal-hal seperti partisipasi, peningkatan kapasitas, dan beragam kegiatan substansial, perlu dituangkan dalam regulasi.

“Ini juga lebih memudahkan mengatur alokasi anggaran. Acuannya jelas, tidak tergantung lagi pada orang yang sedang memiliki jabatan,” imbuhnya.

Selain itu, KNPI melihat perlunya peningkatan database kepemudaan. Selama ini, lanjut Abud, pendataan organisasi dan komunitas yang dimiliki Pemkot masih minim.

Padahal, di Kota Malang ini amat banyak komunitas dan organisasi yang berpotensi menunjang pembangunan. Cara pemberdayaan pemuda, juga harus digodok serius agar eksistensi yang sudah ada tidak terbuang sia-sia.

“Selama ini perhatian Pemkot sudah mulai lebih baik dibanding sebelum-sebelumnya. Untuk lebih maksimal dalam hal Kota Layak Pemuda, semua pihak harus diajak duduk bersama, membahas langkah konkret ke depan bagaimana,” pungkasnya.