Rektor IBU Apresiasi Peran Alumni Peduli Mahasiswa di Tengah Wabah Covid-19

Rektor IBU Nurcholis Sunuyeko saat membuka acara. (Istimewa).
Rektor IBU Nurcholis Sunuyeko saat membuka acara. (Istimewa).

MALANGVOICE – Keluarga besar (Alumni) IKIP Budi Utomo (IBU) lintas angkatan menunjukkan kepeduliannya pada para mahasiswa IBU yang terdampak Covid-19.

Bentuk kepedulian para alumni tersebut berupa pemberian sembako dan pemasangan WiFi gratis di tempat kos para mahasiswa IBU.

Rektor IBU, H Nurcholis Sunuyeko mengapresiasi upaya para alumni IBU yang memiliki inisiatif mulia ini. Apalagi, IBU menganggap alumni merupakan perpanjangan tangan institusi dan sebagai Keluarga.

BNN Kota Malang

“Alumni merupakan cerminan IKIP Budi Utomo di masyarakat. Baik buruknya kami juga bergantung pada alumni,” ungkapnya, saat ditemui awak media disela-sela acara pembagian sembako bagi para mahasiswa IBU yang terdampak Covid-19 di Kampus C, Jalan Citandui no.46, Kota Malang, Selasa (12/5).

Menurut Nurcholis, dengan kepedulian alumni ini, dirinya merasa tidak sendirian dalam mengurus mahasiswa dalam situasi pandemi seperti sekarang ini. Untuk itu, IKIP Budi Utomo Malang juga memberi bantuan pemasangan WiFi gratis yang diharapkan dapat meningkatkan keilmuan mereka melalui kelas-kelas daring.

“Untuk menerapkan physical distancing tapi tetap bisa meningkatkan keilmuannya, para mahasiswa mendapatkan fasilitas pemasangan WiFi gratis di setiap kos mereka supaya anak-anak kami mendapat akses peningkatan keilmuan melalui kelas daring,” jelasnya.

Pemberian bantuan sembako secara simbolis dari perwakilan alumni IBU, ke para mahasiswa. (Istimewa)
Pemberian bantuan sembako secara simbolis dari perwakilan alumni IBU, ke para mahasiswa. (Istimewa)

Akan tetapi, lanjut Nurcholis, sesungguhnya kelas daring ini bukan sesuatu yang baru bagi IBU, karena sudah dua tahun sebelum pandemi Covid-19, IBU sudah menggunakan kelas-kelas daring.

“Jadi ketika ada situasi seperti ini kami tinggal melakukan penyesuaian-penyesuaian yang tidak banyak,” tandasnya.

Sementara perwakilan alumni IBU, Nanang Nurochmad mengatakan, jika dirinya bersama para alumni lainnya tidak mengingkari hubungan emosional yang erat dengan IKIP Budi Utomo Malang. Mereka bersama kawan-kawan dari berbagai angkatan bahu membahu turut membantu mahasiswa.

“Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini kami melihat Pak Rektor IBU begitu peduli dengan mahasiswa. Hal itu membuat kami tergerak ikut peduli terhadap adik-adik mahasiswa. Diharapkan, apa yang kami berikan ini walau tidak banyak bisa langsung dirasakan oleh adik-adik kami,” tukasnya.(Der/Aka)