Ratusan Guru Belajar Dongeng di Jatim Park 3

Awam Prakoso, Ketua Kampung Dongeng Indonesia mengisi workshop Dongeng Kreatif di Jawa Timur Park 3, Sabtu (7/4). (Aziz / MVoice)
Awam Prakoso, Ketua Kampung Dongeng Indonesia mengisi workshop Dongeng Kreatif di Jawa Timur Park 3, Sabtu (7/4). (Aziz / MVoice)

MALANGVOICE – Ada 300 orang didominasi guru TK hingga SD memenuhi Museum Musik Dunia, Jatim Park 3, Sabtu (7/4). Mereka mengikuti workshop atau seminar mendongeng menghadirkan pembicara Kak Awam Prakoso, Ketua Kampung Dongeng Indonesia.

Awam mengatakan, mendongeng itu menakjubkan. Ini karena bisa membangun karakter anak, media pembelajaran anak dan menangani situasi dan kondisi anak.

“Tidak ada anak yang bermasalah, semua istimewa, kami membuat pendekatan yang berbeda, salah satunya lewat dongeng, “ kata Awam.

BNN Kota Malang

Pria dengan gelar pemecah rekor MURI pendongeng terlama ini menambahkan, ada berbagai tips cara mendongeng kreatif yang menarik perhatian. Salah satunya, yakni jangan terburu-buru.

“Banyak yang mengatakan mendongeng itu sulit, hal itu tidak mungkin, karena secara naluri manusia suka mendengarkan cerita dan ahli bercerita,” ujarnya.

Amida Ratna Sambawa, Ketua Kampung Dongeng Indonesia Malang Raya mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk melestarikan dongeng yang saat ini sudah mulai jarang dilakukan orang tua.

“Dongeng merupakan komunikasi yang efektif dengan media bercerita. Juga menggurui anak tapi tidak kentara,” tutup Mida.(Der/Aka)