Ramai di Twitter, Warganet Kaitkan Film-film yang Menyerupai Ganasnya Coronavirus

ilustrasi. (Hancinema)
ilustrasi. (Hancinema)

MALANGVOICE – Coronavirus menjadi trending topik di media sosial Twitter sejak beberapa hari yang lalu. Selain membahas dampak yang dialami pasien yang terkena virus mematikan ini, warganet pun mengaitkan dengan beberapa film yang hampir mirip dengan Coronavirus.

Berikut MVoice telah merangkum beberapa film yang hampir mirip dengan Coronavirus.

1. The Flu (2013)

BNN Kota Malang

Dilansir dari Variety, Bundang merupakan salah satu kota di pinggiran Seoul yang terserang wabah H5N1 alias flu burung. Virus tersebut berasal dari kontainer berisi tumpukan mayat imigran gelap asal Filipina. Dalam waktu cepat, virus ini menular ke seisi kota melalui udara.

Film FLU (감기/Gamgi) disutradarai oleh Kim Sung Su yang juga menulis naskahnya. Sebagai drama tentang bencana penyakit, film ini tak henti membuat penonton untuk turun campur dalam permainan emosi yang ditawarkan.

2. Deranged (2012)

Film ini merupakan film pertama disaster Korea Selatan. Awalnya, film yang memiliki judul asli Yeongasi ini dikisahkan Korea digemparkan dengan kasus kematian manusia di pinggir sungai Han. Lantas polisi juga menemukan jasad yang mengambang di sungai yang tersebar di Korea.

Penyebab wabah kematian itu adalah varian cacing parasit yang disebut Yeongasi, yang bisa mengendalikan otak manusia. Adapun gejala yang terinfeksi adalah nafsu makan mereka meningkat pesat meski bobot tubuh mereka tidak kunjung bertambah, dan merasakan dahaga yang tak pernah berakhir ketika cacing-cacing itu tumbuih dewasa dan mulai siap bereproduksi. Gejala akhirnya, mereka terjun ke sungai agar cacing-cacing dewasa itu bisa keluar dari tubuh.

3. Contagion (2011)

Dilansir dari Wikipedia, Contagion merupakan film thriller bencana Amerika tahun 2011 yang disutradarai oleh Steven Soderbergh. Film ini dibintagi oleh Marion Cotillard, Bryan Cranston, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, dan Jennifer Ehle.

Alur cerita Contagion yakni mendokumentasikan penyebaran sebuah virus berbahaya dan upaya dari para peneliti medis dan petugas kesehatan untuk mengidentifikasi penyakit tersebut, serta pada akhirnya pengenalan vaksin untuk menghentikan penyebarannya.

4. Pandora

Pandora merupakan sebuah film yang mengusung genre disater thriller tentang bencana nuklir yang terjadi di kota Busan (Korea Selatan). Film ini ditulis dan disutradarai oleh Park Jung Woo yang tahun 2012 lalu dia juga sempat membuat film dengan genre yang sama yakni ‘Deranged’.

Film ini menceritakan tentang sebuah proyek kontroversial pemerintah korea selatan dengan menggunakan reaktor tenaga nuklir, sebagai pemanfaat tenagan nuklir yang tertanam dibeberapa spot menjadikan kota lebih rentan terhadap gempa, hal tersebut memicu beberapa demonstran yang mengatasnamakan gerakan anti nuklir.

Hingga suatu hari terjadi guncangan hebat yang hamppir meluluh lantahkan kota, guncangan tersebut tidak hanya dirasakan oleh para pekerja di pabrik nuklir namun juga terasa diseluruh penjuru kota dengan guncangan yang cukup hebat, naas guncangan tersebut tidak hanya merusak beberpa bangunan di kota namun juga membuat bocornya cairan pendingin di pusat pembangkit listrik tenaga nuklir yang mampu memicu panas bertekanan tinggi sehinggga menyebabkan terjadi ledakan nuklir mematikan yang dapat mengancam keselatan warga kota.(Hmz/Aka)