02 October 2023
20.7 C
Malang

Puluhan Mahasiswa Asing Belajar Membatik di IBU

MALANGVOICE – Puluhan mahasiswa asing jurusan Fakultas Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) IKIP Budi Utomo (IBU) Malang tengah mengikuti salah satu mata kuliah budaya yakni membatik pada Rabu (6/2).

Sekretaris Pusat Kerjasama dan Hubungan Masyarakat IBU Malang, Jazuli mengatakan bahwa mahasiswa BIPA dapat mempelajari dua budaya Indonesia pada semester dua ini.

“Ada dua yang dipelajari yakni membatik dan pencak silat. Kalau untuk membatik ada sekitar 22 mahasiswa asing yang mempelajari,” katanya.

Salah satu mahasiswa BIPA asal Jerman, Manuel (31) kepada MVoice mengaku sangat senang dapat berkesempatan mengikuti pengenalan budaya Indonesia, salah satunya membatik.

“Ya saya sangat senang mempelajari budaya-budaya di Indonesia, meski sedikit sulit berbicara Bahasa Indonesia. Menurut saya yang paling menarik dari membatik adalah saat memegang canting, sulit dan panas di tangan. Jadi harus hati-hati,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor IBU Malang, Nurcholis Sunuyeko menambahkan, program membatik di kampusnya telah dilakukan sejak tahun 2008 silam. Meski di universitas lain sama-sama mengajarkan batik kepada mahasiswa asing, hanya saja di IBU juga diajarkan cara membatik.

“Program pembelajaran batik itu ada di kampus lain tapi hanya berupa teori, prakteknya yang jarang diberikan. Kalau kami mengajarkan bagaimana cara membatik, di sini nilai lebihnya,” pungkasnya. (Hmz/Ulm)

spot_img

Berita Terkini

Arikel Terkait