Plengsengan di Temas, Kota Batu Longsor

Plengsengan ambrol di di Jl. Patimura RT.01 RW.09, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu (Foto: Ayun)
Article top ad

MALANGVOICE – Longsor terus menghantui warga Kota Batu. Plengsengan di Jalan Patimura RT 01/RW 09, Kelurahan Temas, Kota Batu amblas akibat longsor. Kejadian itu terjadi Selasa (19/3) malam pukul 23.00 WIB.

Menurut satu saksi warga, Widodo yang rumahnya dekat dengan plengsengan tersebut mengatakan, ia mendengar suara plengsengan longsore cukup keras.

“Saya sekeluarga kan lagi istirahat. Dan tiba-tiba mendengar suara ‘bruk’ keras sekali. Sudah mengira kalau ada yang ambruk, hanya saja kami tidak keluar rumah,” ungkapnya.

Kemudian, keesokan harinya ia mengetahui jika plengsengan itu ambrol. Diketahui jika plengsengan yang ambrol ini biasa digunakan masyarakat untuk jalan. Karena ambrol mengakibatkan akses masyarakat terganggu, serta material plengsengan menutup jalur irigasi sungai.

Sementara itu Koordinasi Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Batu, Suhartono, menambahkan, BPBD berkoordinasi dengan pihak Bina Marga. “Secepatnya kita melakukan tindakan, karena takutnya jika hujan lagi akan menutup saluran air ini,” tandasnya.

Diketahui sebelumnya, tanah longsor juga menimpa satu rumah warga di jalan penanggungan gang II, Dusun Payan, Desa Punten, Selasa (19/3). Kejadian sekitar pukul 16.00 WIB itu dikarenakan hujan yang tidak kunjung reda sejak siang. Akibat dari tamah longsor itu menimpa rumah bagian dapur dan kamar rumah milik Puspito.(Der/Aka)