Pimpin Rapat Perdana, Punjul Minta SKPD Kebut Penyerapan Anggaran Awal Tahun

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Aziz / MVoice)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Aziz / MVoice)

MALANGVOICE – Usai cuti panjang sekitar 4 bulan, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, memimpin rapat perdana SKPD, di ruang rapat lantai 5 Balai Kota Among Tani, Senin (20/2).

Di hari pertama memimpin rapat, Punjul, meminta semua SKPD segera menjalankan programnya di awal tahun, termasuk memaksimalkam penyerapan anggaran.

“Sesuai Surat Edaran (SE) tanggal 31 Januari dari Gubernur Jawa Timur. Di mana seluruh kota/kabupaten segera melaksanakan APBD lebih awal,” kata dia, ditemui usai rapat.

BNN Kota Malang

Menurutnya, lelang program harua dilakukan sejak Januari dan Februari, supaya bulan Maret dan April pengerjaan bisa dilaksanakan. Ditujukan pada dinas tehnis, seperti Dinas PU dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, dll.

Selain itu, percepatan pencairan bantuan-bantuan di dinas terkait lainnya.

“Jika sudah bisa dicairkan awal tahun kenapa harus ditunda. Selama ini kam baru cair pertengahan hingga akhir tahun,”

“Insentif RT/RW, veteran dan kusir dokar kan sudah dicairkan sama Pemkot Batu. Tujuannya supaya tidak terkesan ada kepentingan politik,” jelas Wakil Wali Kota yang kembali terpilih ini, berpasangan dengan Dewanti Rumpoko.

Meski demikian, pihaknya menyadari lelang proyek yang terlambat kebanyakan karena terkendala perencanaan. Untuk proyek pembangunan terlebih dahulu diawali perencanaan matang.

“Jadi, karena OPD baru dan ada pergantian pejabat, saya tekankan lelangnya diundur. Maksimalkan dulu perencanaan,” paparnya.