Kota Malang Punya Command Center

Perkuat Peran Command Center, Pemkot Tambah 101 CCTV

Wali Kota Malang, HM Anton, studi banding ke Makassar. (Istimewa)
Wali Kota Malang, HM Anton, studi banding ke Makassar. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kota Malang telah memiliki Ngalam Command Center (NCC) yang terletak di komplek Balai Kota. Namun, keberadaan NCC masih perlu dimaksimalkan. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Malang, Zulkifli Amrizal, berencana menambah CCTV.

Pihaknya telah mengajukan anggaran CCTV untuk 101 titik yang nantinya terhubung langsung dengan NCC. “Sebanyak 101 titik ini juga hasil koordinasi dan rujukan dari Polres Malang Kota,” kata pria yang akrab disapa Zul ini.

Rencana itu dipertegas dengan hasil studi banding pada War Room, yakni command center milik Pemkot Makassar, Selasa (21/11). Aset itu ditopang lebih dari 115 kamera CCTV yang dipasang berbagai sudut Kota Makassar.

Dengan begitu, Wali Kota Makassar beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mampu memonitor secara real time kondisi serta kejadian di lapangan. “Dari perbandingan sepintas, maka yang harus dikuatkan di NCC adalah perbanyakan CCTV,” imbuh Wali Kota Malang, HM Anton.

Hal lain yang menarik perhatian suami Hj Dewi Farida Suryani ini adalah keberadaan ruang kendali kebakaran. Selain itu, ruang server juga terbangun dalam satu integrasi dengan command center.

“Untuk NCC, penambahan kapasitas server dan pentingnya keberadaan ruang kendali kebakaran juga perlu diperhatikan,” lanjutnya.

Dia menambahkan, penguatan program NCC juga tidak lepas dari komitmen untuk membangun transparansi penyelenggaraan pemerintahan. “Ini juga ditekankan oleh Tim KPK, agar memprioritaskan program tersebut,” pungkasnya.(Coi/Aka)