Pemkot Batu Kampanyekan Anti Plastik

Kegiatan Jalan Sehat Peduli Lingkungan Batu Anti Plastik (Antik) yang digelar Minggu (3/11).
Kegiatan Jalan Sehat Peduli Lingkungan Batu Anti Plastik (Antik) yang digelar Minggu (3/11).

MALANGVOICE – Kampanye Kota Batu bebas sampah plastik terus digalakkan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Jalan Sehat Peduli Lingkungan Batu Anti Plastik (Antik) digelar Minggu (3/11).

Start di Halaman Timur Balai Kota Among Tani. Sebanyak 5000 orang peserta dari Masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN), Pelajar, Guru dan Komunitas Lingkungan turut meramaikan acara tersebut.

Beragam hiburan masyarakat juga digelar dalam event untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Batu ke 18 itu. Diantaranya lomba kostum daur ulang, pentas musik oleh Cozy Republik hingga bazar UMKM.

BNN Kota Malang

Tak lupa juga ada sosialisasi Perwali Nomor 81 Tahun 2019 tentang pengurangan plastik. Hal ini juga sebagai upaya untuk mewujudkan Kota Batu tahun 2020 bebas dari sampah.

“Melalui Perwali Nomor 81Tahun 2019 tentang pengurangan plastik itu. Kami, Pemerintah mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik. Ini bentuk komitmen pemerintah,” kata Dewanti Rumpoko, Wali Kota Batu saat sosialisasi.

Karenanya, dalam kegiatan tersebut juga ada stand tukar sampah plastik. Sehingga, masyarakat diperbolehkan menukarkan sampah dengan produk peralatan rumah rangga.

Kemudian juga ada pameran inovasi popok sekali pakai dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu dan Bank Sampah Kartini Sejati.

Sementara itu, Dewanti juga mengapresiasi unik-uniknya kostum hasil daur ulang yang dipakai peserta. “Saya apresiasi. Ada yang mau menggunakan kostum daur ulang dari plastik,” tuturnya.

Namun, dirinya juga meminta kepada masyarakat agar memanfaatkan sampah. Tentunya dengan cara di daur ulang dan mampu menghasilkan nilai ekonomi. “Mari kita manfaatkan sampah di sekiling kita,” tutupnya.

Diketahui, dalak gerak Jalan Peduli lingkungan ini juga dimeriahkan puluhan hadiah. Mulai dari sepeda motor Nmax, kulkas, TV Led, sepeda angin dan door prize lainnya yang bisa diraih oleh peserta secara gratis.

Gerak Jalan ini turut dihadiri Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso bersama Ketua TP PKK Kota Batu, Wibi Santosos, dan Sekda Kota Batu, Zadiem Efisiensi.

Kemudian juga hadir Kapolres Batu, DPRD Kota Batu, Pabung 0818, serta Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Batu.(Hmz/Aka)