Pemkab Malang Bangun Embung, Tunjang Pertanian

Pengecekan Embung oleh Bupati Malang HM Sanusi bersama rombongan (Toski D)
Pengecekan Embung oleh Bupati Malang HM Sanusi bersama rombongan (Toski D)

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus melakukan pembangunan embung baru guna menunjang irigasi lahan pertanian produktif di Kabupaten Malang.

Bupati Malang HM Sanusi mengatakan, keberadaan embung memiliki peran yang sangat vital untuk mengaliri lahan pertanian ataupun perkebunan, untuk itu pihaknya melakukan pembangunan embung di Desa Ampelgading, Tirtoyudo.

“Pembangunan embung ini berada dibawah komando Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang. Keberadaan embung ini sangat dibutuhkan, apalagi embung ini dialiri dari air sumber. Kalau seperti ini efektif. Tapi kalau embung tadah hujan, kalau kemarau tidak akan berfungsi,” ungkapnya.

BNN Kota Malang

Menurut Sanusi, keberadaan embung ini sangat membantu para petani. Terlebih melihat topografi wilayah Desa Ampelgading yang berada di ketinggian dan cukup jarang sumber air.

“Ini untuk pertanian. Sehingga nanti dibawahnya bisa untuk pertanian sayur, padi, maupun perkebunan, bisa digunakan,” terangnya.

Dengan adanya pembangunan embung ini, lanjut Sanusi, menunjukkan jika pemerintah saat ini telah berkomitmen untuk mendukung terkait sarana prasarana pertanian.

“Pemerintah itu fokus memberikan sarana prasarana mulai kesediaan air, diharapkan ketersediaan air dapat meningkatkan hasil panen,” pungkasnya m

Sebagai informasi, pembangunan embung ini dilakukan sejak tahun 2016 lalu. Pembangunan embung menjadi salah satu prioritas pemerintah pusat melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemen DPPT). Di Kabupaten Malang sendiri, sudah ada sekitar 40 embung yang dibangun.(Hmz/Aka)