Polemik Perppu Ormas

Ormas Anti Pancasila Dinilai Berpotensi Hancurkan NKRI

Korlap Aliansi Masyarakat Kota Batu, Elvis Revualu (pegang mic) berorasi terkait dukungan Perppu No.2 Tahun 2017, Jumat (28/7). (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Aliansi Masyarakat Kota Batu ngotot agar pemerintah tegas terhadap ormas anti Pancasila. Sebab, indikasi kuat dapat menghancurkan keutuhan NKRI.

Hal ini disampaikan Koordinator aksi, Elvis Refualu. Ketua LSM Presidium Rakyat Kota Batu (PRB) ini mengatakan banyak gerakan yang diduga sengaja dilakukan semata-mata kepentingan untuk mrnghancurkan NKRI. Mereka ini sembunyi dalam balutan ormas mengatasnamakan agama.

“Ormas ini biasanya melakukan sweeping, mengambil alih tugas aparat penegak hukum kepolisian. Itu tugas aparat bukan ormas,” keluhnya.

Massa Aliansi Masyarakat Kota Batu menenteng spanduk dukungan. (Aziz Ramadani)

Memang, masih kata Elvis, sejauh ini belum terdeteksi aktifitas ormas yang dimaksud di wilayah Kota Batu. Namun, pihaknya tetap khawatir, sehingga besar harapan agar pemerintaj bertindak tegas. Terutama dengan dikeluarkannya Perppu No.2 Tahun 2017.

“Kami menegaskan kembali, bahwa Pancasila dasar NKRI yang mutlak tidak bisa diganti apapun. Ormas yang tidak sepaham dan tidak berazaskan Pancasila lebih baik hengkang,” pungkasnya.

Satkorcab Banser Kota Batu Arif Hariyanto menambahkan, pihaknya akan ada di barisan terdepan yang melawan apabila ada ormas yang merongrong keutuhan NKRI.
Pihaknya mendukung penuh penerapan Perppu tentang ormas. Tepatnya membubarkan ormas radikal dan tak berazaskan Pancasila.

“Jangan sampai ada sejengkal pun konsep merubah NKRI,” tukasnya.


Reporter: Aziz Ramadani
Editor: Muhammad Choirul Anwar
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti