Misi Pengabdian, Unidha Terjunkan 400 Mahasiswa di Program KKN

Kegiatan KKN Unidha. (Istimewa).
Kegiatan KKN Unidha. (Istimewa).

MALANGVOICE – Sebanyak 400 Mahasiswa dari Universitas Wisnuwardhana (Unidha) Malang diterjunkan ke dua Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Malang guna melakukan program pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Sekretaris Lembaga Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unidha Malang Muhammad Baidawi mengatakan, para mahasiswa tersebut akan diterjunkan ke Desa Pandansari, Jabung dan Desa Maguan, Ngajum. Mereka akan dibagi menjadi 7 kelompok.

Sekretaris LPPM Unidha Malang, Muhammad Baidawi. (Toski D).
Sekretaris LPPM Unidha Malang, Muhammad Baidawi. (Toski D).

“KKN tersebut akan diikuti selama satu bulan penuh, yaitu mulai 8 Juli hingga 8 Agustus nanti. Mereka diminta untuk melakukan pemetaan potensi desa, dan aktif dalam kegiatan sosial bermasyarakat selama mengikuti KKN,” ungkapnya.

BNN Kota Malang

Untuk di Desa Pandansari, Jabung, lanjut Baidawi, pihaknya mengirimkan dua kelompok, dan sisanya di Desa Maguan, Ngajum. Mereka bertugas untuk melakukan pemetaan potensi desa. Salah satunya adalah melimpahnya Singkong dan Kopi.

“Selain hasil pertanian, di Jabung juga memiliki potensi wisata. Dari potensi tersebut, diharapkan masyarakat bisa turut berkontribusi dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan,” jelasnya.

Selain itu, Baidawi menjelaskan, pihaknya juga akan mengadakan festival lomba potensi desa. Dimana nanti, masyarakat akan diberi ruang dan kesempatan untuk berkarya mengembangkan potensi apa yang dapat dikembangkan dengan melibatkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Harapannya ke depan, masyarakat bisa paham, potensi apa yang bisa mereka kembangkan di desanya. Untuk itu, Bumdes diharapkan terlibat langsung dalam pengelolaan dan pemasarannya. Saat ini sedang proses, dan itu tidak cukup jika hanya satu bulan. Jadi nanti akan ada program-program lanjutan,” pungkasnya.(Hmz/Aka)