Mendikbud Ingin Ada Edotel di Kota Batu

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy usai melakukan peninjauan UNBK di SMKN 1 Batu (Foto: ayun)
Article top ad

MALANGVOICE – Tingkatkan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy meminta agar Kota Batu mendirikan Education Hotel (Edotel).

“Ya karena SMK di sini dirasa strategis. Karena melihat Kota Batu ini kan sebagai kota wisata. Jadi, saya menyarankan dari pemerintah provinsi untuk bisa mencari lahan membikin Edotel. Dan itu digunakan untuk teaching factory khusus hotel,” ujarnya saat berkunjung ke Kota Batu, Selasa (26/3).

Meski di Kota Batu sudah memiliki banyak hotel, namun ia menyarankan untuk menambahkan program Edotel karena dirasa itu akan membantu siswa SMK di Kota Batu dalam pengelolaan manajemen hotel. Apalagi dengan mengacu pada skema BLUD (Badan Layanan Umum Daerah).

“Memang di sini sudah banyak hotel, tapi saya kira lebih bagus jikalau mempunyai hotel sendiri yang dikelola oleh sekolah dengan skema BLUD,” imbuhnya.

Di sisi lain, Muhadjir juga menyoroti ruangan tata boga di SMK Negeri 1 Batu. Menurutnya alat yang digunakan sudah tidak layak, sehingga akan diusulkan pemberian bantuan alat sebagai penunjang sarana belajar siswa.

“Kita lihat tadi laboratorium tata boganya sudah tidak zaman alatnya. Sehingga butuh di-upgrade, InsyaAllah akan kita bantu dari pusat bersama dengan provinsi nanti,” tandas mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).(Der/Aka)