Memakai Pantyliner Setiap Hari, Bolehkah?

ilustrasi. (TheHealthSite)
ilustrasi. (TheHealthSite)

MALANGVOICE – Saat mengalami masa keputihan atau akan berpergian jauh, bisanya pantyliner menjadi andalan bagi para wanita. Namun apakah baik jika pantyliner digunakan setiap hari?

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata menggunakan pantyliner setiap hari kurang baik untuk kesehatan organ intim wanita. Berikut bahaya pantyliner.

1. Kulit Sulit Bernapas

BNN Kota Malang

Pertama adalah kulit vagina jadi susah bernapas. Strip perekat di bagian bawah pantyliner terbuat dari plastik inilah yang membuat kulit tidak bisa bernapas dengan bebas. Menggunakan pantyliner dalam jangka waktu yang lama berisiko menyebabkan iritasi pada vagina.

2. Berkembangnya Bakteri

Bakteri akan lebih mudah berkembang biak. Saat keputihan bakteri justru dapat berkembang biak dengan cepat saat menggunakan pantyliner. Ini akan berisiko menyebabkan penyakit seperti iritasi, jamur bahkan infeksi.

3. Menyebabkan Jamur

Menurut Mary Peterson, MD, direktur Midlife Health Center di University of Pittsburgh Medical Center’s Magee-Women’s Hospital, penggunaan pantyliner yang sama dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan bakteri bahkan infeksi jamur. Ini karena sirkulasi udara yang nggak baik di daerah tersebut.

4. Terpapar Bahan Kimia

Saat ini banyak produk pantyliner yang dapat menyerap cepat sehingga permukaan pantyliner menjadi kering dan nggak menyebabkan vagina menjadi lembab. Namun, semakin cepat pantyliner dapat menyerap cairan, berarti semakin banyak juga bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Nggak bagus juga kalau vagina terpapar bahan kimia setiap harinya.

Nah, jika Anda ingin menggunakan pantyliner setiap hari, maka gantilah setiap empat jam sekali. Ini guna mencegah bahaya-bahaya yang akan ditimbulkan.(Der/Aka)