Manfaat Teh Hijau Selain Kesehatan Kulit yang Perlu Diketahui

Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh. Sumber Foto: healthline.com
Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh. Sumber Foto: healthline.com

MALANGVOICE – Teh hijau bisa disebut sebagai obat mujarab. Khasiatnya sudah digunakan di Cina selama hampir 4000 tahun. Karena kandungan polifenol, katekin, fluoride, vitamin C dan E, mangan, L-teanin, dan kafein di dalamnya.

Dari kandungan tersebut, teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari readanddigest.com, ini beberapa manfaat teh hijau bagi tubuh Anda

Sebagai Antioksidan

Karena kandungan katekin polifenol terutama epigallocatechin gallate ini kaya akan antioksidan. Ini menghambat pertumbuhan dan juga menghancurkan sel kanker tanpa membahayakan sel yang sehat.

Kesehatan Jantung

Sebuah studi dimana 500 pria dan wanita Jepang berpartisipasi dalam penelitian, menunjukkan bahwa mengonsumsi empat cangkir teh hijau setiap hari akan mengurangi tingkat keparahan penyakit jantung. Dikarenakan, teh hijau memiliki antioksidan yang berfungsi sebagai dilator.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari teh hijau adalah sifat pengendalian berat badan. Di Jepang sebuah penelitian dilakukan oleh 240 pria dan wanita. Mereka diberi teh hijau dalam jumlah yang berbeda setiap hari. Setelah tiga bulan hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak teh hijau kehilangan berat badan dan juga menunjukkan tingkat kolesterol LDL dan tekanan darah yang baik.

Teh hijau membakar lebih banyak kalori dalam proses yang dikenal sebagai ‘Thermogenesis’. Ini bekerja pada sel-sel lemak di tubuh. Teh hijau dikombinasikan dengan diet dan olahraga yang tepat akan membantu menurunkan berat badan.

Menghaluskan Kulit

Teh hijau dipercaya dapat membantu kulit untuk mempertahankan kekenyalan dan elastisitasnya. Selain itu mampu memproses kelambatan dalam munculnya keriput. Karena sifat anti penuaan teh hijau, sekarang banyak digunakan untuk produk kosmetik.

Kesehatan Rambut

Kehilangan rambut akan terjadi karena beberapa alasan seperti ketidakseimbangan hormon, infeksi, penyebab genetik, stres dan kecemasan. Ada dua alasan lain seperti DTH dan sirkulasi darah yang buruk. DTH adalah dihidrotestosteron yang merupakan penyebab utama rambut rontok.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau menghambat pertumbuhan DTH sehingga menjaga rambut dari kerontokan. Teh hijau juga dikenal bisa meningkatkan sirkulasi darah. Sifat anti-inflamasinya mendorong pertumbuhan rambut lebih bagus.(Der/Ery)