Mana yang Pertama, Sunscreen atau Pelembab?

ilustrasi. (Resveralive.com)

MALANGVOICE – Usai membersihkan wajah, tentunya kita langsung memakai pelembab baru kemudian tabir surya (sunscreen/SPF). Namun, apakah urutan ini terbilang benar?

Melansir dari beberapa sumber, direktur kosmetik dan penelitian klinis dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York, Joshua Zeichner mengatakan, penggunaan sunscreen dengan kandungan SPF tinggi disarankan dipakai terlebih dahulu, baru kemudian pelembab wajah.

Ternyata, pendapat ini tidak disetujui oleh semua dermatolog. dermatologis asal Washington, Amerika Serikat, Melda Issac, mengatakan bahwa sunscreen dipakai terakhir setelah membersihkan wajah, merawat, dan memberikan pelembap.

BNN Kota Malang

Demikian pula menurut dermatologis tersertifikasi, Sejal Shah, mengatakan bahwa jika pelembab diaplikasikan setelah sunscreen maka bisa mengganggu khasiat dari sunscreen itu sendiri.

Penggunaan sunscreen pun juga dilihat dari bahan dasarnya. Jika sunscreen tersebut berbahan kimia maka akan melindungi dengan membuat pertahanan antara kulit dan matahari.

Sementara sunscreen mineral akan memantulkan sinar ultraviolet. Dan bisa diaplikasikan pada lapis terakhir sebagai perlindungan terhadap matahari.

Nah, Zeichner maupun Shah setuju bahwa salah satu solusinya adalah menggunakan pelembab secara tipis terlebih dahulu dan meratakannya baru kemudian melapisinya dengan sunscreen.(Der/Aka)