Pariwisata Goes to Campus

Mampu Dongkrak Perekonomian, Potensi Sektor Pariwisata Digenjot

Sejumlah tokoh dan pejabat foto bersama peserta 'Pariwisata Goes to Campus. (Istimewa)
Sejumlah tokoh dan pejabat foto bersama peserta 'Pariwisata Goes to Campus. (Istimewa)

MALANGVOICE – Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji menekankan pentingnya sektor pariwisata untuk mendongkrak daya ekonomi masyarakat. Kenyataan ini dipaparkan dalam pelatihan dasar Sumber Daya Manusia (SDM) kepariwisataan yang dikemas melalui event Pariwisata Goes to Campus.

Bertempat di Halaman IKIP Budi Utomo (IBU) Kampus C, Jalan Citandui pada Minggu (1/10), Sutiaji menegaskan, Pemerintah Kota Malang dalam beberapa tahun terakhi serius menggenjot pengembangan sektor pariwisata.

Ini merupakan salah satu upaya menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Pariwisata saat ini tidak hanya dipahami untuk senang-senang saja, tapi memiliki multiefek untuk menambah daya ekonomi masyarakat,” seru mantan anggota DPRD Kota Malang ini.

Mengacu pada ‘Tri Bina Cita’ Kota Malang, terdapat tiga pondasi utama yakni industri, pendidikan dan pariwisata. Dengan begitu, visi untuk mendorong pertumbuhan ketiga pondasi itu menjadi perhatian utama.

Di sisi lain, Sutiaji mengakui bahwa Kota Malang tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) wisata seperti di Kabupaten Malang atau Kota Batu. Kendati demikian, lanjutnya, banyak potensi yang bisa dikembangkan seperti, seni, budaya hingga kuliner.

“Yang saat ini penting adalah pengembangan SDM. Karena kita sadar bahwa Kota Malang tidak memiliki potensi alam untuk wisata, namun pemerintah berkomitmen kota ini tidak menjadi transit wisata namun menjadi destinasi wisata,” pungkasnya.(Coi/Aka)