Malang Selatan Mulai Dilanda Kekeringan

Petugas PB PMI Kabupaten Malang saat melakukan droping air bersih. (Istimewa/PB PMI Kabupaten Malang).
Article top ad

MALANGVOICE – Wilayah Malang Selatan mulai mengalami kesulitan air bersih. Akibatnya kawasan tersebut mengalami kekeringan. Mengetahui hal itu, Penanggulangan Bencana (PB) PMI Kabupaten Malang langsung melakukan droping air bersih di tiga dusun, Desa Sumberoto, Donomulyo, Jumat (2/8).

Kasubsi PB PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo mengatakan, pihaknya telah menggerakkan armada truk tangki air bersih untuk memberikan pelayanan air bersih.

“Mulai kemarin, kami sudah melakukan droping air bersih pada daerah yang kekurangan air bersih. Tapi, untuk sementara ini masih satu kecamatan yang mengajukan permintaan droping air bersih yaitu Donomulyo,” ungkap pria yang akrab disapa Mbah Tomo.

Tiga dusun tersebut, lanjut Mbah Tomo, yaitu Dusun Kalisangkrah, Dusun Panggungwaru dan Dusun Sumberejo.

“Droping air bersih tersebut dilakukan secara berkala dengan kapasitas sebanyak 30 ribu liter (6 rit) dengan menggunakan truk tangki kapasitas 5.000 liter. Karena, tiga dusun tersebut memiliki 1.200 KK, dengan jumlah jiwa sebanyak 3.900 jiwa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mbah Tomo menjelaskan, selain melakukan droping air bersih di Kecamatan Donomulyo, pihaknya juga mempersiapkan truk tangki air bersih milik instansi lain.

“Sementara ini masih sayu kecamatan. Jika nantinya ada permintaan lagi di daerah lain, maka pihaknya akan lakukan koordinasi dengan BPBD,” tandasnya.

Perlu diketahui pada hari ini pihak BPBD kab. Malang juga melakukan droping air bersih, pada Desa Ringin Asri kecamatan Sumber Manjing Wetan (Sumawe) kabupaten Malang.
(Hmz/Ulm)