Mahasiswa ABM, Sulap Daun Bidara jadi Skincare

Produk Sekawan Ndoro.
Produk Sekawan Ndoro. (Lisdya)

MALANGVOICE – Pada zaman dahulu, masyarakat mempercayai daun Bidara sebagai pengobatan seseorang yang kerasukan jin atau terkena sihir tertentu.

Namun, dengan kecanggihan teknologi dan informasi, di tangan mahasiswa-mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara (STIE ABM), daun Bidara bisa dijadikan skincare. Dengan dilabeli nama Sekawan Ndoro, daun bidara mereka jadikan produk masker, toner, lip scrub, dan lip balm.

“Produk skincare ini bisa untuk detoksifikasi dan eksfoliasi,” ujar ketua tim Sekawan Ndoro, Reva belum lama ini.

BNN Kota Malang

Bahkan, masker Sekawan Ndoro ini juga berkhasiat untuk mengencangkan kulit. Sementara untuk tonernya, bisa sebagai make up remover yang menghilangkan sisa kotoran yang menempel di wajah.

Perlu diketahui, inovasi ini mendapat apresiasi dari Kemenristekdikti. Bahkan, Sekawan Ndoro lolos seleksi dan berhak maju dalam Persiapan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan pada 16 Juli 2019 mendatang.

Produk Sekawan Ndoro sendiri made by order. Bisa dipesan melalui Instagram, Shopee, Facebook, dan Website Sekawan Ndoro. “Untuk harga kami memang sangat terjangkau. Organic Face Mask dibanderol dengan harga Rp 17 ribu, Toner Rp 17.500, Lip Balm Rp 23 ribu, dan Scrub Bibir Rp 17 ribu. Sedangkan satu paketnya Rp 73.500,” tandasnya.

Mahasiswa tersebut di antaranya yakni Reva Rizki Zuraida (Akuntansi 2014), Lidia Yunianti (Akuntansi 2015), Maria Winda Lestari (Manajemen 2016), Chaterina Sherly M (Akuntansi 2018), dan Afnenda Elfreda Frederica S. (Akuntansi 2018).(Hmz/Aka)