Lima Instansi Dapat Dana Khusus Pilkada

Punjul Santoso. (fathul)

MALANGVOICE – Lima instansi yang bekerja untuk Pilkada Kota Batu 2017 bakal mendapat bantuan dana dari Pemkot. Lima instansi itu adalah Kesbangpol, KPU, Kepolisian, Kodim, dan Linmas yang berada di dalam Satpol PP.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, menyebutkan, pemberian bantuan dana itu sesuai dengan perintah Permendagri Nomor 52 Tahun 2015 Bab 5 halaman 28.

“Mumpung masih dalam rangka KUA-PPAS sehingga harus segera disusun ajuannya sekaligus, sebelum kita berlanjut ke pembahasan APBD hingga pengesahannya,” kata Punjul.

Dikatakan, pihaknya sudah melakukan stressing ke tim anggaran supaya tetap menggunakan data yang ada dalam proses pencairan. Karena sesuai UU yang berlaku, tidak diperbolehkan APBD dikelola KPU untuk dibagikan sendiri ke instansi lain.

Punjul meminta dalam hitungan hari pengajuan ini harus beres sehingga bisa disusulkan dalam KUA-PPAS yang saat ini sedang disusun. Dalam hal ini, Kesbangpol diminta selalu berkoordinasi dengan satuan samping.

“Kalau semuanya sudah mengajukan, dari KPU, Polres, Kodim, Linmas, dan Kesbangpol, kita lakukan sinkronisasi. Karena misal di KPU ada anggaran Linmas, lalu di Satpol PP ada anggaran Linmas juga, ini harus dipecahkan solusinya,” tandas Punjul.