Layani Pemudik, PMI Kabupaten Malang Buka Posko Kesehatan

Keadaan pos kesehatan. (Toski D)
Keadaan pos kesehatan. (Toski D)

MALANGVOICE – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439H / 2018, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang membuka posko Pengamanan Kesehatan (Pamkes) di delapan lokasi di wilayah Kabupaten Malang.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Apriljanto mengatakan, pembukaan Pemkes ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan untuk menyambut lebaran.

“Ini adalah agenda kerja rutin tahunan kami. Sebagai organisasi yang berkecimpung di sosial kemasyarakatan, tentunya kami ingin memberikan sumbangsih untuk membantu sesama dalam momen arus mudik, lebaran dan arus balik ini,” ungkap Apriljanto.

BNN Kota Malang

Ke delapan Pamkes itu tersebar di beberapa lokasi, antara lain di Markas PMI Kabupaten Malang, yang berada di Jalan Raya Kebonagung, Pos Gawat Darurat Bedali Lawang, Coban Rondo Pujon, Turen, Balekambang, Jalur Lintas Selatan (JLS), Donomulyo dan Pantai Sipelot Desa Pujiharjo, Tirtoyudo.

“Untuk tahun ini ada penambahan lokasi menjadi 8, kalau tahun kemarin hanya 7 lokasi,” jelasnya.

Pemkes ini, tambah Apriljanto, mulai diberlakukan dan dibuka pada tanggal 11 Juni 2018 hingga 24 Juni 2018 nanti, dengan melibatkan para relawan PMI dan alat operasional penunjang yang ada.

“Sasaran Pamkes yang dilaksanakan adalah pemberian pertolongan pertama bagi penguna jalan maupun pengunjung tempat wisata,” ulasnya.

Pemkes ini, jelas Apriljanto, dalam pelaksanaannya menyiagakan mobil ambulans beserta tenaga medis dan sarana pendukungnya untuk pertolongan pertama pada kecelakaan bagi penguna jalan.

Sedangkan di objek wisata pantai, disediakan satu unit perahu karet bermesin jenis LCR (Landing Craft Rubber) beserta awak dan ambulans lengkap dengan paramedisnya. Dan pihaknya juga mengimbau kepada para penguna jalan baik arus mudik maupun balik serta pengunjung tempat wisata supaya senantiasa berhati-hati.

“Selalu berhati-hati dan waspada, patuhi aturan dan rambu yang ada, serta jika capek jangan memaksa untuk berkendara, istirahat dahulu jika sudah segar silahkan melanjutkan perjalanan,” pungkasnya.(Der/Aka)