Konsumsi 4 Buah ini Usai Lebaran

Ilustrasi buah-buahan penurun kolestrol (istimewa)

MALANGVOICE – Selama Hari Raya Idul Fitri dan silaturahmi ke sanak saudara pasti Anda banyak menikmati makanan yang mengandung banyak kalori dan kolesterol. Oleh sebab itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang dapat memberi efek cleansing dari kolesterol yang masuk ke dalam tubuh.

Selain serat, buah-buahan dinilai juga mengandung senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL yang membantu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Melansir dari berbagai sumber, berikut buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh setelah lebaran yang wajib dikonsumsi.

BNN Kota Malang

1. Apel

Buah Apel terutama kulitnya mengandung pektin serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Lantaran pektin dinilai mampu bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari ngidam makan makanan yang tidak sehat.

2. Jeruk

Buah yang identik dengan rasa asam ini merupakan buah paling baik menurunkan kolesterol secara alami. Baik itu jeruk keprok, jeruk mandarin, jeruk bali, maupun jeruk nipis.

Tak hanya itu saja, buah asam ini diyakini mengandung hesperidin senyawa yang mampu menurunkan gejala hipertensi. Kemudian senyawa pektin di dalamnya juga mampu mengurangi risiko aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

3. Pepaya

Pepaya memiliki kalori rendah dengan serat tinggi yang mampu menyerap kolesterol jahat di dalam darah untuk dikeluarkan dari tubuh sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol alami.

4. Alpukat

Buah alpukat sangat dianjurkan untuk penderita kolesterol tinggi. Tidak hanya tinggi vitamin (K, C, B5, B6, dan E) yang berperan sebagai antioksidan yang membawa LDL turun, namun dinilai juga mampu menaikkan kadar HDL sebagai kolesterol baik sehingga bisa menjaga kesehatan jantung. (Der/Aka)