Kota Malang Memilih Pemimpin

Kecanduan Gadget Mengancam Anak, Nanda Tekankan Pendekatan Orang Tua

Ya'qud Ananda Gudban menyapa warga Kebalen Wetan. (Muhammad Choirul)
Ya'qud Ananda Gudban menyapa warga Kebalen Wetan. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Kondisi pergaulan anak akhir-akhir ini menjadi tema utama yang dikeluhkan warga Kebalen Wetan RT 13/ RW 1 Kota Malang. Topik tersebut mencuat ketika Bakal Calon Wali Kota Malang, Ya’qud Nanda Gudban, menyambangi warga, Kamis (25/1).

Halim Sya’rani, salah satu warga bercerita, persoalan pergaulan anak di Kota Malang banyak menjadi curhatan warga. Khususnya, saat anak sudah mengenal gadget.

Dikatakan, saat ini banyak anak-anak lupa diri ketika sedang menggunakan gadget. Sebab, penggunanya sangat berlebihan dibandingkan dengan aktivitas lain. Bahkan ada juga yang terperosok ke tindakan yang negatif akibat pergaulan tidak jelas di media sosial.

“Anak kita sekarang sangat pintar main HP, hingga tak mau berhenti, ada juga yang terjerat narkoba gara-gara pergaulan di HP,” keluh Halim.

Ya’qud Ananda Gudban tidak menampik fenomena ini. Perempuan yang akrab dipanggil Nanda ini juga prihatin dengan persoalan yang terjadi tersebut. Karena itu, dirinya semakin terpanggil untuk mengambil peran penting dalam membuat aturan sehingga anak tidak lagi bergantung pada teknologi tersebut.

“Sejauh ini saya DPRD cukup terbatas membuat aturan, jika wali kota tidak mau maka suatu aturan tidak jadi. Nah nanti kami akan perjuangkan aturan di mana anak dapat lebih dekat pada orang tua ketimbang gadget. Pendekatan orang tua ini harus ditekankan,” paparnya.(Coi/Aka)