Kangmas-Nimas Kota Batu 2018

Kangmas Nimas Kota Batu Diminta Berkontribusi Tingkatkan Pariwisata

Kangmas Adi dan Nimas Keke sebagai Duta Wisata Kota Batu 2018 diapit Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Anji, Sabtu malam (5/5). (istimewa)
Kangmas Adi dan Nimas Keke sebagai Duta Wisata Kota Batu 2018 diapit Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Anji, Sabtu malam (5/5). (istimewa)

MALANGVOICE – Malam grand final Kangmas Nimas Kota Batu periode 2018-2020 di Ballroom Golden Tulip Holland Resort Kota Batu, Sabtu (5/5) malam berlangsung semarak. Betapa tidak, selain unjuk aksi 10 pasang ajang pemilihan duta wisata, turut menghangatkan suasana penampilan penyanyi Anji dan Miss Indonesia asal Kalimantan Utara Desti Ayu Damayanti.

Perhelatan dari Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu ini menampilkan talenta dan bakat dari 10 pasang Kangmas Nimas terpilih setelah melalui penjaringan ratusan peserta. 10 pasang finalis ini kemudian menjalani karantina selama tiga hari berkompetensi untuk mendapatkan gelar sebagai Kangmas dan Nimas Kota Batu 2018.

Namun, malam itu jadi malamnya Kangmas Adi dan Nimas Keke. Kedua dinobatkan sebagai pemenang Duta Wisata Kota Batu 2018. Ini hasil dari penilaian sejumlah dewan juri, termasuk Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sebagai juri kehormatan.

“Tidak hanya yang terpilih. Saya minta kepada finalis Kangmas Nimas 2018 ini berperan aktif saling mempromosikan dan meng-guide sebanyak-banyaknya wisatawan,” kata Dewanti.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, ajang duta wisata setiap dua tahun ini menunjukkan progres sangat bagus. Dia berharap duta wisata ini mampu berkontribusi di dalam dunia pariwisata Kota Batu.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono menjelaskan, duta wisata merupakan mitra dinas pariwisata daerah. Maka, diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada dunia pariwisata, terutama di Kota Batu. Salah satu tugasnya adalah mempromosikan wisata di berbagai media, membantu menyampaikan informasi kepada wisatawan dari berbagai komponen hingga melakukan kampanye tentang sadar wisata.

“Nantinya duta wisata baru ini mampu membawa sesuatu yang baru dalam mengembangkan pariwisata di Kota Batu. Tentunya harus berkontribusi dalam dunia pariwisata di Kota Batu,” kata Imam.

Melalui ajang ini, masih kata Imam diharap target kunjungan wisatawan, terutama mancanegara dapat meningkat. Apalagi Indonesia mematok target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara.

“Adanya duta wisata ini mampu memberikan warna baru yang nantinya bisa menambah jumlah wisatawan mancanegara,” tutupnya.

Hadir pula dalam momen tersebut Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo, Ketua TP PKK Kota Batu Wibi Asri Punjul Santoso, Plt Sekda Kota Batu Alwi, dan jajaran Kepala OPD Pemkot Batu. Tampak pula tamu dari Duta Wisata berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur, Jawa Barat, Bali dan Kalimantan.(Der/Aka)