Jangan Sepelekan, Ini 5 Gejala Kanker Ginjal Patut Diwaspadai!

Ilustrasi ginjal (foto: alodokter.com)
Ilustrasi ginjal (foto: alodokter.com)

MALANGVOICE – Belakangan ini kanker ginjal seketika menjadi bahan pembicaraan hangat publik. Penyanyi Vidi Aldiano melalui akun media sosialnya mengungkapkan bahwa dirinya mengidap penyakit itu.

Kanker ginjal, merupakan penyakit saat sel-sel ginjal menjadi ganas (kanker) karena tumbuh di luar kendali dan membentuk benjolan. Biasanya terjadi pada salah satu ginjal.

Rata-rata kanker ginjal muncul di lapisan tabung kecil bernama tubulus di area ginjal dan biasanya disebut dengan karsinoma sel ginjal.

BNN Kota Malang

Penyebabnya, belum diketahui secara pasti hingga kini. Tapi, sebagian besar penderita kanker ginjal adalah orang berusia 50 tahun ke atas.

Namun, sejumlah pilihan gaya hidup dapat meningktakan risiko kanker ginjal. Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko tersebut seperti merokok, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, dan penggunaan obat penghilang nyeri dalam jangka panjang yang mampu memicu terjadinya kanker ginjal.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum gejala kanker ginjal yang patut diwaspadai.

1. Urine disertai Darah

Mengalami adanya darah ketika buang air kecil merupakan tanda yang tak boleh diabaikan. Sebab, kanker ginjal stadium awal sangat sulit terdeteksi. Bisanya, tanda kurang spesifik dan cenderung tersembunyi

Mungkin air seni yang berdarah bisa jadi infeksi saluran kencing, tapi jika darah itu karena kanker ginjal, bisa jadi kanker sudah memasuki stadium lanjut.

Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikannya dengan serius dan segera melakukan tes.

2. Kelelahan Hebat disertai Turunnya Berat Badan

Jika Anda mengalami kelelahan, kurang nafsu makan, dan berat badan yang berkurang drastis bisa saja tiga tanda ini menjadi kanker ginjal sudah memasuki stadium akhir.

Meski banyak faktor yang menyebabkan berat badan turun drastis. Kemudian, Anda merasa tak mengurangi porsi makan tapi berat badan turun drastis, nah ungkin sudah saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter sebelum keadaan semakin parah.

3. Demam Tanpa disertai Flu atau Infeksi Lain

Setiap kali temperatur tubuh naik, itu merupakan indikasi bila sistem imun sedang bertarung melawan penyusup.

Bisa jadi itu virus, bakteri, atau mungkin tumor. Kalau tiap malam kamu berkeringat atau merasa demam, mulailah mengecek temperatur tubuh.

Jika demammu tak diikuti oleh batuk-batuk, bersin, atau nyeri otot sebaiknya segera periksaka ke dokter.

4. Anemia

Tubuh yang mudah lelah juga bisa dikarenakan sel darah merah yang rendah. Hormon erythropoietin yang dilepas oleh ginjal biasanya akan mendorong sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah. Dan bisanya jika fungsinya menurun maka bisa jadi pertanda kamu menglami kanker ginjal.

Segeralah untuk lakukan pemeriksaan agar kamu dapat mengetahui masalah kesehatan sesegera mungkin sebelum terlambat.

5. Terdapat Benjolan di Pinggang

Kanker ginjal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit pada awal kemunculannya. Tapi, jika Anda merasakan tonjolan di sekitar ginjal, baik di depan, samping, atau punggung bagian bawah, maka saatnya untuk waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa gejala kanker ginjal yang patut diwaspadai. Sebab, ginjal sendiri merupakan organ di dalam tubuh yang berfungsi menyaring kotoran dalam darah dan membuangnya dalam bentuk urine.

Selain itu, ginjal juga memproduksi hormon renin yang berfungsi mengendalikan tekanan darah dan hormon erythropoietin yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah.(Hmz/Aka)