IKIP Budi Utomo Malang, Siapkan PMB dengan Program Baru

MALANGVOICE – Ditengah pandemi Covid-19 yang semakin masif penyebarannya, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang atau biasa disebut IBU, kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2021/2022 dengan proses yang hampir sama dengan sebelumnya.

“Sudah satu tahun lebih pandemi ini melanda kita semua. Oleh karenanya, IBU selalu berupaya memberikan kemudahan-kemudahan agar masyarakat dapat mengakses perguruan yinggi,” ungkap rektor IKIP Budi Utomo, Dr. H.Nurcholis Sunuyeko, Ahad (7/3).

Menurut Nurcholis, program baru PMB IBU tahun ini adalah PPKM (Paket Pendaftaran Kuilah Menarik) dan tersedianya kelas atlet dan atau pekerja.

“PPKM untuk S1 menawarkan bagi 500 pendaftar pertama akan mendapatkan subsidi Rp3 juta dan sumbangan biaya pembangunan dari semula Rp5 juta menjadi hanya Rp2 juta. Aabila sumbangan biaya pembangunan dibayar lunas maka akan mendapatkan cash back sebesar 10 persen,” jelasnya.

Sedangkan, lanjut Nurcholish, untuk kelas atlet dan pekerja, IBU memberi kesempatan pada atlet dan pekerja untuk memprogram jadwal kuliah menyesuaikan jam kerja serta mendapatkan pendampingan khusus.

“Untuk mendaftarkan diri, calon mahasiswa baru (camaba) cukup melakukan pendaftaran dari rumah masing-masing. Para pendaftar bisa mengunjungi link www.maba.budiutomomalang.ac.id dan hanya mengisi nama, kontak dan program studi yang dipilih,” tegasnya.

Terpisah, Ketua PMB IBU tahun akademik 2021/2022, Jasuli mengatakan dengan alur atau tata cara PMB secara online tersebut sangat diperlukan, lantaran semakin masifnya pandemi yang melanda Indonesia.

“Setelah submit data secara online di http://maba.budiutomomalang.ac.id/, pastikan nomor HP (Gawai) pendaftar selalu aktif, karena akan dihubungi oleh Panitia PMB. Siapkan berkas berupa Scan Ijazah atau SKL SMA / Sederajat dan Scan Kartu Keluarga, dan pernyataan kesediaan sumbangan pembangunan,” jelasnya.

Menurut Jasuli, jika camaba berhasil submit data, sistem yang akan bekerja. Dengan begitu, camaba tidak direpotkan dengan isian formulir yang ribet sebagaimana jamak dijumpai pada formulir di perguruan tinggi pada umumnya.

“Setelah itu, camaba harus melakukan herregistrasi di bank baik langsung maupun transfer ke No. Rek BRI 0051.01.000968.30.0 a.n IKIP Boedi Utomo Malang. Setelah itu camaba harus melakukan penyekenan berkas berupa bukti pendaftaran, fotokopi ijazah, Fotokopi KK, kuitansi asli pembayaran di bank, Lembar kesediaan sumbangan pembangunan, lalu kirim ke e-mail: pmb@budiutomomalang.ac.id dengan format Subject: Nama Lengkap_Program Studi,” jelasnya.

Akan tetapi, lanjut Jasuli, IBU juga menyediakan beasiswa-beasiswa yang dapat diperoleh oleh camaba.

“Kami (IBU) menyediakan subsidi, biaya kuliah paling terjangkau, serta ragam beasiswa seperti pemegang Kartu Indoensia Pintar (KIP) Kuliah dan lain semacamnya. Semua itu kami lakukan tanpa mengurangi kualitas pelayanan sedikitpun,” terangnya.

Untuk itu, tambah Jasuli, IBU siap memberikan pelayanan prima, agar semua proses pendaftaran dapat berjalan lancar dan aman sampai dinyatakan diterima.

“Layanan yang kami terapkan adalah full service. Kami mengajak masyarakat yang ingin kuliah di IKIP Budi Utomo Malang segera melakukan pendaftaran sebelum kuota terpenuhi,” tukasnya.(end)

article bottom ad