Carut Marut APBD 2017 Kota Batu

Hari Ini RAPBD 2017 Kota Batu Didok, Empat Fraksi Tak Ikut Membahas

Anggota DPRD Kota Batu, Ludi Tanarto.(Miski)
Anggota DPRD Kota Batu, Ludi Tanarto.(Miski)

MALANGVOICE – Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 Kota Batu, dijadwalkan Rabu (14/12), hari ini didok.

Namun, dalam pembahasan RAPBD tersebut empat Fraksi di DPRD walk out atau tidak ikut membahasnya. Di antaranya Fraksi PAN, Demokrat, PKB dan Gabungan (PKS, Hanura dan Nasdem).

Sedangkan hanya tiga Fraksi yang ikut dalam pembahasan, yaitu PDIP, Golkar dan Gerindra. Hal tersebut dibenarkan anggota dewan dari PKS, Ludi Tanarto.

“Hanya masalah waktu saja. Kami menganggap uang sekitar Rp1 triliun tidak bisa dibahas hanya dalam beberapa hari,” kata dia, kepada MVoice.

Empat Fraksi memilih tidak ikut dalam pembahasan karena tidak ingin dikemudian hari terjadi permasalahan. Pihaknya juga tidak mau tanda tangan.

“Tapi, komitmen kami untuk kepentingan masyarakat. Kami tetap ikut paripurna, meski kami tidak ikut membahas,” ungkap dia.

Hal sama diungkapkan Politisi PAN, Suwandi. Menurutnya, tidak mungkin RAPBD hanya dibahas dalam tiga hari. Padahal, APBD nantinya sebagai platform satu tahun ke depan.

Program yang dibahas dan dimasukkan juga harus mengacu pada kepentingan masyarakat.

“Pemkot minta pembahasannya dalam tiga hari selesai. Kami tidak mau karena hasilnya tak maksimal. Hari ini jadwalnya paripurna pengesahan APBD,” tegasnya.