Gmailmu Kirim Spam Otomatis? Begini Penjelasan Google

Gmail mengirim pesan spam, mendapat tanggapan dari Google. (Pcworld)
Gmail mengirim pesan spam, mendapat tanggapan dari Google. (Pcworld)

MALANGVOICE – Dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah pengguna Gmail dilaporkan kebanjiran pesan spam di folder pesan terkirimnya.
Dilaporkan, akun pengguna Gmail ini mengirim pesan spam ke alamat email lain, padahal yang bersangkutan tak pernah mengirimkannya. Padahal, seperti yang diketahui Gmail memiliki sistem keamanan akun yang cukup ketat.

“Akun email-ku mengirim tiga email spam dalam waktu kurang dari satu jam. Pesan-pesan ini dikirimkan ke 10 alamat email yang tidak aku ketahui,” demikian bunyi tulisan yang diunggah salah satu pengguna pada 21 April 2018 di Google Help Forum.

Spam ini dikirim dalam berbagai subjek ‘aneh’ seperti penurun berat badan, biro jodoh, dating apss, tawaran plesir dan banyak lainnya.

BNN Kota Malang

Dikonfirmasi mengenai masalah ini, seorang juru bicara Google mengakui bahwa ada masalah kampanye spam yang berdampak pada sebagian kecil pengguna.

“Kami menyadari kampanye spam yang berdampak pada sebagian kecil pengguna Gmail dan telah secara aktif mengambil tindakan untuk melindunginya,” kata juru bicara Google dalam pernyatannya yang dirangkum MVoice dari laman Mashable, Selasa (24/4).

Lebih lanjut dia menyebut, Gmail melibatkan header email palsu yang membuat tampak seolah pengguna menerima dari diri mereka sendiri dan juga menyebabkan pesan-pesan itu muncul secara salah di folder pesan terkirim.

“Kami telah mengidentifikasi dan mereklasifikasi semua email yang menyinggung sebagai spam dan tidak memiliki alasan untuk memercayai akun apapun yang disusupi sebagai bagian dari insiden ini,” katanya.

Dalam pernyataannya, Google juga meminta kepada pengguna untuk selalu melaporkan sebagai spam jika ada email mencurigakan.(Der/Aka)