Polemik Penembangan Pohon

Dewan Panggil OPD Terkait Penebangan Pohon

Hearing DPRD Kota Batu dengan OPD Pemkot Batu dan Pemuda Muhammadiyah Kota Batu, Senin (30/10). (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Bola panas terkait penebangan sejumlah pohon pinggir Jalan Ir Soekarno Desa Beji Kecamatan Junrejo (depan Dino Park dan KUD Batu) terus bergulir. DPRD Kota Batu, Senin (30/10) memanggil OPD di lingkungan Pemkot Batu untuk ‘menelisik’ penebangan pohon yang menuai protes warga.

Tampak hadir dalam hearing dipimpin Ketua Komisi B DPRD Kota Batu, Suwandi tersebut di antaranya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Arief As Siddiq, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batu Eny Rachyuningsih, Kasatpol PP Kota Batu Robiq Yunianto dan Bapeda Kota Batu. Turut hadir pula sejumlah 4 orang dari Pemuda Muhammadiyah Kota Batu.

Suwandi yang juga didampingi anggota dewan Fahmi Alkatiri menanyakan perihal adakah surat rekomendasi yang masuk ke OPD Kota Batu perihal penebangan pohon.

“Adakah surat rekomendasi? Kami butuh juga dokumen surat tersebut. Agar jelas siapa pemohon dan petugas yang ditunjuk,” kata Suwani.

Fahmi Alkatiri menambahkan, seharusnya ada koordinasi dengan pihak DPRD Kota Batu. Harus juga disertai analisi dan penelitian agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan Kota Batu.

“Ini tidak ada koordinasi. Banyak warga yang mengeluh kepada DPRD selaku wakil rakyat. Jika ada koordinasi jadinya bisa menjawab, tidak sampai terjadi kegaduhan,” ujar anggota dewan Fraksi Nasdem ini.(Der/Yei)